Sukses

Gerak Kaki Terbatas Setelah Kecelakaan

06 Sep 2017, 07:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter satu minggu yang lalu saya kecelakaan, setelah dilarikan ke IGD dan dilakukan pemeriksaan sepeti rontgen, hasilnya tidak ada patah atau retak. Hanya saja kaki kanan saya bengkak dari betis sampai telapak kaki. Sampai sekarang bengkaknya sudah kempes dok, cuma kaki saya mulai biru-biru, dan sekarang jadi susah untuk di luruskan, jadi kaki saya nekuk sekitar 45 drajat dok. Apakah itu tidak apa-apa dok? Biasanya penyembuhan berapa lama untuk kaki bengkak? Jika harus berobat lagi hal apa yang pertama harus saya lakukan?

Terima kasih sudah bertanya mengenai terbatasnya gerak kaki melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Disamping itu sendi digerakkan oleh otot yang menempel pada bagian sendi tersebut, seperti otot paha dan otot di tungkai bawah. Segala kelainan pada bagian tersebut bisa saja mengakibatkan berkurangnya ruang gerak lutut (range of motion/ ROM). Sulit bagi kami untuk mengetahui sebab keluhan Anda karena informasi yang diberikan terbatas. Kecelakaan apa yang Anda alami? Bagian mana mengalami kerusakan dari kecelakaan Anda? Apakah ada kerusakan di sekitar lutut yang bermasalah? Apakah ada operasi atau tindakan lain yang dilakukan terhadap lutut?

Disamping patah tulang, beberapa kondisi seperti pergeseran sendi, kerusakan otot, kerusakan jaringan ligamen atau penyambung tulang, bisa mengakibatkan pemberngkakan seperti yang Anda rasakan. Disamping itu sering kali nyeri mengakibatkan seseorang lebih sulit menggerakkan sendi tertentu. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera. 

Namun untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan Anda, harus dilakukan pemeriksaan langsung dan penunjang terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter umum atau  spesialis orthopedi supaya bisa dilakukan pemeriksaan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gerak kaki terbatas, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar