Sukses

Benjolan di Bawah Dagu

06 Sep 2017, 07:43 WIB
Wanita, 15 tahun.

saya punya benjolan dibawah dagu sudah 2 tahun terakhir, tidak ada rasa sakit saat menelan atau perubahan warna disekitar benjolan, tapi saat radang tenggorokan saya kambuh kadang sedikit membesar dan sedikit sakit. jika radang sudah rembuh ukuran benjolan kembali mengecil. saya sudah sempat kedokter katanya hanya kelenjar karna radang nanti akan mengecil atau hilang. tapi saya masih parno dok. apakah berbahaya dok?

Terima kasih karena Anda telah bertanya mengenai benjolan di bawah leher melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Seperti yang dokter anda katakan, pada dasarnya benjolan di bawah dagu dan sekitar area leher paling sering disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening ini ada yang disebabkan oleh proses infeksi dan ada pula yang disebabkan oleh masalah keganasan. Pembesaran kelenjar getah bening juga ada yang bersifat akut (menghilang kurang dari 14 hari) dan ada pula yang bersifat kronis (lebih dari 14 hari). Pembesaran kelenjar getah bening yang bersifat akut di sekitar dagu dan leher biasanya disebabkan oleh infeksi akut pada organ sekitar mulut, gigi, pipi, telinga, dan leher. Sementara pembengkakan kelenjar getah bening yang bersifat kronis dapat disebebkan oleh infeksi kronis, infeksi kuman TBC atau keganasan.

Selanjutnya pembesaran kelenjar getah bening juga dapat dibedakan dari ciri-cirinya. Jika kelenjar nyeri saat di tekan, biasanya itu merupakan proses infeksi, sedangkan bila benjolan teraba keras, tidak nyeri, dan berjumlah banyak biasanya tanda dari keganasan. Bila berkaitan dengan infeksi, maka kelenjar akan kembali mengecil sesuai ukuran sedia kala, seperti yang Anda rasakan.

Kami menyarankan anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan mewawancari anda lebih dalam untuk menemukan informasi-informasi penting terkait kondisi yang anda alami, melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai karakteristik benjolan anda. Bila diperlukan dokter akan menyarankan  pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah dan biopsi pada kelenjar getah bening Anda yang mengalami pembengkakan. Jika penyebab sudah diketahui, barulah dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan di bawah leher. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar