Sukses

Cacar Air dan Kehamilan

06 Sep 2017, 07:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi dok saya mau tanya saya minggu kmrn kena cacar tp skrg saya sudah sembuh saya cek kehamilan hari ini saya positive saya baru tau saya takut cacar dan obat obatan ny mempengaruhi janin saya,bagaimana dok ?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang cacar air dan kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan nama obat yang Anda konsumsi untuk sakit cacar air Anda. Beda obat maka akan berbeda keamanannya bagi janin yang Anda kandung. Apabila Anda diberikan antivirus atau acyclovir, maka penggunaannya pada kehamilan harus di bawah pengawasan dokter karena meskipun obat tersebut aman untuk kehamilan namun tetap memiliki persentase untuk terjadinya efek samping obat pada janin. Namun apabila Anda hanya diberikan obat untuk mengurangi demam seperti parasetamol maka obat tersebut aman.

Yang perlu diperhatikan adalah infeksi varisella atau cacar air pada trimester pertama memiliki kemungkinan sekitar 2,2% berkomplikasi pada janin atau menjadi varisella kongenital. Namun karena Anda terkena pada usia kehamilan 14 minggu maka kemungkinan tersebut sedikit berkurang. Sedangkan untuk pemakaian salep, seharusnya tidak berbahaya bagi janin karena salep tersebut hanya bekerja lokal.

Folavit berisikan asam folat yang direkomendasikan diberikan pada wanita hamil untuk meningkatkan pertumbuhan saraf dan otak janin. Pregnacare sendiri merupakan asupan multivitamin dan mineral yang didalamnya sudah terkandung asam folat. Penggunaan salah satu (pregnacare atau folavit) saja sudah cukup.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar