Sukses

Nyeri Dada Sebelah Kanan

06 Sep 2017, 02:08 WIB
Pria, 17 tahun.

Begini dok saya mau tanya. Beberapa hari yang lalu saya sempat demam, pusing dan batuk batuk, alhamdulilah sedang proses penyembuhan. Tapi Kemarin malam dada saya terasa nyeri terus menerus Dan malam ini nyeri di dada (tengah&kanan) saya kambuh lagi dan merasa kesakitan. Gmna solusinya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri dada sebelah kanan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab yang kemungkinanan disebabkan oleh suatu proses di sekitar lokasi nyeri tersebut. Penyebabnya antara lain adalah:

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena masalah jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. 
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan nyeri dada yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh masalah di paru-paru atau organ sekitarnya. Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat untuk dilakukan wawancara medis yang lebih terperinci, pemeriksaan fisik, dan juga bila pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri dada sebelah kanan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar