Sukses

Menangani Penyakit Pneumonia

05 Sep 2017, 22:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

Apa penyebab terjadinya penyakit RADANG PARU-PARU ? Dan bagaimana cara mengobatinya ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai menangani penyakit pneumonia. 

Radang paru-paru atau pneumonia adalah kondisi inflamasi pada paru—utamanya memengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik yang dikenal sebagai alveolus. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan lebih jarang mikroorganisme lainnya, obat-obatan tertentu, dan kondisi lain seperti penyakit autoimun.

Gejala klinis yang dapat ditemukan dapat ringan, fulminan (berat), bahkan fatal. Adanya demam, batuk nonproduktif (tidak berdahak) ataupun produktif (berdahak) dengan sputum purulen (kekuningan), nyeri dada pleuritik (dipengaruhi oleh pernapasan), menggigil, rigor, serta nafas yang pendek adalah gambaran yang sering ditemukan. Selain itu dapat juga ditemukan pasien dengan keluhan nyeri kepala, mual, muntah, diare, mialgia (nyeri otot), arthralgia (nyeri sendi) serta fatigue (kecapaian).

Tanda-tanda yang sering timbul adalah takipneu (frekuensi bernafas >20x/menit), takikardi (denyut nadi >100x/menit).

Pnemonia yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, penyebab terseringnya adalah bakteri (S.pneumonia, H.influenza, S.aureus, P.aeruginosa, M.tuberculosis, M.kansasii, dsb), namun dapat juga disebabkan oleh jamur (P.carinii, C.neoformans, H.capsulatum, C.immitis, A.fumigatus,dsb), protozoa (toksoplasma) serta virus (CMV, herpes simpleks).


Pengobatan pneumonia disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Jika penyebab adalah bakteri, maka dokter akan memberikan antiibiotik. Obat-obatan lainnya berupa penurun demam dan obat batuk. Dokter akan menyarankan untuk rawat inap di rumah sakit jika usia di atas 65 tahun, bayi, keluhan memberat, atau memiliki penyakit lain seperti HIV, penyakit jantung, atau penyakit kronis lainnya.


Untuk itu jika Anda merasa ada gejala-gejala seperti di atas, kami menyarankan untuk berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis paru untuk mencari penyebab pastinya sehingga Anda dapat segera diberikan penanganan yang tepat.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, maka kami sertakan artikel berikut:

Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai menangani penyakit pneumonia. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar