Sukses

Gigi Sisa Akar Sebabkan Sariawan

05 Sep 2017, 21:12 WIB
Pria, 37 tahun.

Maaf pal dokter....lidah saya luka kanan kiri di ujung lidah dan dibagian luar lidah seperti ada iritasi dan tidak nyaman tapi tidak sakit tidak perih saya sudah berobat ke dokter umum dan dokter gigi tapi tidak sembuh sembuh sudah 5 bulan ...kata dokter gigi ...masalahnya dari gigi karena gigi gusi saya tinggal tunggul...saran drg harus di cabut semua gigi gusi yang tinggal tinggul itu...pertanyaan nya apakah penyakit saya ini gejala kanker? Atas jawabannya terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar gigi sisa akar sebabkan sariawan melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Berdasarkan paparan Anda maka keadaan sariawan ini dikaitkan dengan terjadinya cedera/iritasi dalam mulut, bisa karena tergigit, terkena sikat gigi sikat gigi dan tergores dengan bagian gigi yang tajam.

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini, dan pada kondisi yang Anda alami ini maka hindari terjadinya trauma lokal seperti tergores terus menerus oleh gigi sisa akar yang tajam. Iritasi kronis ini bisa menyebabkan sariawan /ulcer /luka di bagian yang selalu tergores. Kami sarankan untuk memeriksakan keluhan anda ke dokter gigi dan merencanakan pencabutan untuk gigi sisa akar tersebut. Gigi sisa akar yang dibiarkan dapat menjadi sumber infeksi baru.

Untuk lebih jelasnya baca artikel terkait pertanyaan anda :

- Sering Sariawan, Pertanda Apa?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi sisa akar sebabkan sariawan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar