Sukses

Belum Punya Anak Sejak Lepas KB

05 Sep 2017, 20:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat malam dok saya mau tanya anak saya sudah berusia 6tahun dan saya ingin mempunyai anak ke2 tapi kok saya belom mendapat kan anak ke2 yah padahal sya suda 1tahun lebih tidah menggunakan pil atau suntik KB knp ya dok

Terimakasih Anda telah bertanya seputar syarat terjadinya kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Saya mengerti kekhawatiran Anda

Terdapat 2 komponen penting dalam syarat terjadinya kehamilan, yaitu

  • Sel telur wanita. Hanya dikeluarkan 1 kali pada tiap siklusnya, disebut sebagai proses ovulasi. Bertahan 24 jam pada saluran tuba rahim, kemudian akan meleburkan diri jika tidak dibuahi.
  • Sperma. Jika dikeluarkan didalam vagina wanita, akan dapat bertahan hidup hingga 5 hari.

Kehamilan dapat terjadi bila ada pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Sperma yang keluar disemprotkan ke dalam vagina wanita nanntinya akan berjalan menuju saluran rahim tempat sel telur menunggu. Kesempatan untuk terjadinya kehamilan adalah pada saat masa subur, yaitu saat ovulasi yang dihitung 14 hari sebelum haid sebelumnya, kemudian ditambahkan 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari ovulasi tersebut. Apabila Anda melakukan ejakulasi di bibir vagina, bisa saja ada sperma yang melewati selaput dara.

Jika sperma telah masuk namun tidak pada masa subur, umumnya tidak dapat terjadi kehamilan, karena tidak ada sel telur yang dibuahi.Maka penting Anda untuk mengetahui kapan masa subur Anda dan melakukan senggama rutin di waktu tersebut. Teruslah berusaha. Bila lebih dari 1 tahun belum juga memiliki anak maka disebut sebagai infertilitas sekunder. Bagaimana dengan haid Anda pasca lepas dari KB? Pada kasus tertentu, lepas KB bisa mengakibatkan ketidakteraturan pelepasan sel telur sehingga sulit mengalami kehamilan. Beberapa upaya bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi ini

Kami sarankan Anda untuk melakukan evaluasi pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk kondisi yang Anda alami. Evaluasi akan mencakup analisa kesehatan reproduksi baik suami ataupun istri.

Demikian kami sampaikan informasi seputar syarat terjadinya kehamilan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar