Sukses

Suka Tergigit Sebabkan Sariawan

05 Sep 2017, 20:35 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, saya mau tanya. Dari sekitar 2 minggu yang lalu kan saya ada sariawan 1, trus menjadi 2 dan 3. nah yang 2 itu uda sembuh, yang 1 lagi itu ga sembuh sembuh sampai sekarang. Tidak sakit sama sekali. Saya periksakan ke dokter umum di kota saya, kata dokter tersebut, itu leukoplakia. Setelah saya baca baca di google, penyebab sakit tersebut kan, merokok, alkohol, gigi palsu, kawat gigi. Saya tidak menggunakan semuanya. Hanya saja, memang terkadang suka tergigit (lokasi leukoplakianya di sekitar pipi). Apakah berbahaya dok? Saya baca baca, katanya ada yang ganas dan bisa menjadi kanker. Mohon bantuannya

Terimakasih telah bertanya seputar suka tergigit sebabkan sariawan melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan paparan Anda maka keadaan sariawan ini dikaitkan dengan terjadinya cedera dalam mulut, baik karena tergigit atau karena menyikat gigi.

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini, dan pada kondisi yang Anda alami ini maka hindari terjadinya trauma lokal seperti tergigit. Periksakan keluhan anda ke dokter gigi terutama bagian yang sering tergigit apakah ada gigi yang miring atau tajan sehingga melukai jaringan sekitarnya. Jika ya, maka bisa dilakukan perbaikan kontur gigi dengan pengasahan selektif atau perawatan lainnya seperti kawat gigi, bila dirasa susunan dan hubungan gigi memang tidak baik.

Baca artikel terkait pertanyaan anda :

- Sering Sariawan, Pertanda Apa?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai suka tergigit sebabkan sariawan, semoga bermanfaat.

1 Komentar