Sukses

Penanganan Perikoronitis Yang Terinfeksi

05 Sep 2017, 20:27 WIB
Wanita, 19 tahun.

Gigi bungsu bawah saya tumbuh namun hanya setengahnya, dan tertutup oleh gusi. Saat mengunyah gusi tergigut oleh gigi atas kemudian menjadi bengkak sudah 1 minggu, dan tadi pagi saya pencet malah mengeluarkan nanah. Kemudian saya bersihkan dan langsung berkumur air garam. Apakah ini perikoronitis? Dan apabila saya ingin dilakukan penghilangan gusi yg menutupi gigi apa harus menunggu gusi yg bernanah sembuh? Terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang penanganan perikoronitis yang terinfeksi mulut melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan gejala yang anda sampaikan, dugaan kami anda mengalami Pericoronitis disertai infeksi sekunder (gingival abses), suatu keadaan dimana gusi di sekitar mahkota gigi molar ketiga yang letaknya paling ujung (awam menyebutnya geraham bungsu) membengkak dan mengalami infeksi.
Molar tiga normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas, karena gigi lain sudah tumbuh maka biasanya gigi molar tiga tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali.

Pada kasus Anda penyebab Pericoronitis adalah gusi tergigit gig atasnya. Penyebab lainnya adalah bila sisa makanan terjebak pada daerah tersebut dan biasanya sulit dibersihkan dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan bakteri penginfeksi apalagi dengan adanya sisa makanan. Kondisi ini menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut seperti yang anda rasakan.

Perawatan pada kasus ini biasanya dokter gigi akan meresepkan pemberian obat anti inflamasi, antibiotik dan analgetik (pain killer) disertai dengan instruksi untuk penjagaan oral hygiene di sekitar gusi yang bengkak. Jika gusi sudah tidak bengkak, bila diperlukan dokter gigi akan melakukan eksisi (bedah gusi) untuk memotong gusi yang berlebih tersebut. Oleh karena itu kami sarankan untuk memeriksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis bedah mulut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penanganan perikoronitis yang terinfeksi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar