Sukses

Penularan HIV Lewat Cairan Lambung

05 Sep 2017, 18:40 WIB
Pria, 22 tahun.

Slamat malam dok mau tanya HIV di tularkan lewat cairan tubuh. , nah apakah cairan lambung/asam lambung/isi lambung/muntah an juga dapat menularkan HIV ??

Terima kasih telah bertanya seputar penularan HIV lewat makanan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Virus HIV membutuhkan sistem tertutup (tubuh manusia) untuk bisa bertahan hidup. Sekalipun makanan terkontaminasi darah yang mengandung virus HIV, makanan ini tidak memiliki akses langsung terhadap pembuluh darah. Ketika Anda makan, makanan ini akan tercampur dengan air ludah. Ludah mengandung enzim yang menghambat perkembangan HIV, memecah-mecahnya sehingga tidak bisa bertahan hidup di dalam ludah. Kecuali, membran mukosa mulut ada yang terluka, secara teori mungkin untuk terinfeksi. Tapi, kejadiannya sangat-sangat jarang. Jika tidak ada yang terluka dapat dipastikan virus HIV tidak akan menular melalui makanan. Selain itu, tidak banyak kuman, termasuk HIV yang dapat bertahan hidup di dalam lambung manusia. Tugas lambung (asam lambung) adalah memecahkan apa saja yang masuk ke dalamnya, termasuk virus HIV.

Pada prinsipnya, virus HIV harus memiliki akses langsung terhadap aliran darah untuk bisa menginfeksi. Selama tidak ada akses tersebut, tidak dapat terjadi infeksi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penularan HIV lewat makanan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar