Sukses

Abses Pada Telinga

05 Sep 2017, 17:15 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter saya punya abse di dekat telinga.. yg biasa disebut dgn fistula preauricular satu bulan yang lalu sudah operasi namun akhir akhir ini absesnya keluar lagi dok. Sya ingin bertanya bgaimn cara mengatasinya dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Abses Pada Telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah timbulnya lubang kecil didepan telinga anda tersebut sudah sedari lahir?

Bila iya, maka dugaan kami lubang tersebut merupakan fistula preaurikular kongenital yang saat ini telah mengalami peradangan. Kondisi ini merupakan penyakit bawaan sejak lahir.

Apabila tidak dijumpai adanya gejala maka pengobatan tidak diperlukan. Cukup menjaga lubang tersebut untuk tetap kering dan bersih dan tidak tersumbat oleh kotoran untuk mencegah timbulnya infeksi. Tetapi bila terjadi infeksi biasanya menyebabkan daerah di depan daun telinga bengkak dan sakit yang mungkin pecah serta bernanah.

Hal ini diterapi dengan antibiotika dan dilakukan pengangkatan fistel itu seluruhnya, oleh karena bila tidak bersih akan menyebabkan kekambuhan.

Untuk itu kami menganjurkan anda untuk segera memeriksakan diri kepada dokter THT. Bila benar lubang tersebut merupakan fistel yang terinfeksi, maka infeksi perlu terlebih dahulu ditangani hingga radang mereda. Barulah kemudian dilakukan pengangkatan pada lubang fistel tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Abses Pada Telinga. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar