Sukses

Hubungan Mata Minus Dengan Telepon Genggam

05 Sep 2017, 16:27 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya ingin bertanya, apakah pengguna kacamata minus aman memakai telepon genggam yang versi lama? Seperti contohnya hp nokia 100 dok. Mata minus yang diderita 4,5 dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai hubungan mata minus dengan telepon genggam. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa efek gelombang elektromagnetik yang dihasilkan telepon genggam dapat mempengaruhi beberapa bagian mata. Salah satunya disebutkan dapat memicu terjadinya katarak. Selain itu ada pun penelitian yang mengatakan bahwa gelombang cahaya yang dihasilkan oleh telepon genggam atau gawai dapat mempengaruhi retina, dengan pengaruh berupa degenerasi makula (macula degeneration).

Namun, memang belum ada penelitian yang menjelaskan lebih detail mengenai pengaruh penggunaan telepon genggam terhadap kesehatan mata. Berkaitan dengan jenis telepon yang Anda gunakan, pada prinsipnya Anda harus mengatur ukuran tulisan di telepon genggam Anda agar terbaca dengan baik pada jarak minimal 12 inchi dari mata Anda, kalau tidak dapat membuat mata Anda lelah (astenopia). Tentu Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu ukuran kaca mata yang pas untuk Anda di dokter.

Walaupun hal-hal ini perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya kita berhati-hati, dengan mengurangi paparan radiasi telepon genggam pada tubuh, baik pada organ-organ di kepala maupun organ-organ bagian bawah tubuh.

Konsultasikan dengan dokter spesialis mata Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk kondisi Anda saat ini. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai hubungan mata minus dengan telepon genggam. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar