Sukses

Cara Menghitung Usia Kehamilan

05 Sep 2017, 16:43 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam bunda.. Saya mau tanya.. Sebelumnya.. Perkenalkan nama saya nabila usia saya 19 tahun ini kehamilan pertama saya. Saya hanya sedikit bngung bagaimna cara menghitung usia kandungan saya soalnya hasil USG nya juga sedikit membingungkan. ( HPHT saya tgl 08-juli-2017 ) dan pada tgl 16-Agustus-2017 saya melakukan USG dokternya bilang usia janin sya skarang 4 minggu 3 hari dan tanggal 2-september-2017 saya ke rumah skit lg karna ada flek2 ( hampir mengalami keguguran) dan hasil usg nya menunjukan usia janin saya 6 minggu 2 hari tpi setelah sya hitung dari hari pertemuan seharusnya sudah 7minggu 2 hari.. Dan kalo hitungan saya sendiri skrg seharusnya usia kandungan saya sudah 8 minggu 3 hari... Kira kira berapa sebenarnya usia janin saya.. Terimakasih...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Proses dari sperma masuk hingga terjadi pembuahan dapat berlangsung dalam waktu 1-3 hari. Dari pembuahan hingga implantasi (tertanamnya bakal janin ke dinding rahim) dapat berlangsung pada sekitar 1 minggu setelah hubungan intim. Kehamilan dapat terdeteksi melalui pemeriksaan air seni (test pack) pada sekitar 1 bulan sesudah hubungan intim (pada jadwal haid berikutnya, apabila tidak mendapat haid).

Saat ini untuk menghitung usia kehamilan lazimnya menggunakan 2 cara, yaitu:

Perhitungan HPHT

melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Apakah siklus haid And teratur?

Pemeriksaan USG

metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar