Sukses

Luka Bakar

05 Sep 2017, 16:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya memiliki luka bakar tingkat 2 di pergelangan tangan, luka saya pernah bernanah dan sudah saya bawa ke dokter. Sekarang luka saya sudah mulai membaik dan mulai ada kulit ari tipis. Yang ingin saya tanyakan kira-kira luka tetap harus saya tutup perban atau sebaiknya dibuka saja?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Luka Bakar melalui fitur Tanya Dokter.

Luka bakar yang terjadi dapat dibedakan menjadi 4 tingkatan, antara lain:

Tingkat awal hanya berupa kemerahan pada kulit, disebut luka bakar derajat 1.
Bila kulit yang terkena lebih dalam lagi, disebut luka bakar derajat 2, pada kulit tidak hanya kemerahan tetapi juga timbul bula atau yang biasa kita sebut dengan melepuh, yaitu lentingan di kulit yang terkena panas dan berisi cairan.
Bila kulit yang terkena lebih dalam lagi di sebut luka bakar derajat 3.
Bila lebih parah yaitu luka bakar derajat 4.
Pada kecelakaan di rumah tangga, yang paling sering terjadi yaitu luka bakar derajat 1 dan 2.

Penanganan pada luka bakar tersebut tergantung dari derajat luka dan luasnya. Jika sudah terkelupas, maka ada kemungkinan luka bakar Anda tidak ringan, sehingga membutuhkan bantuan medis, Yang perlu dipastikan adalah tidak adanya nanah pada luka Anda. Apabila terdapat nanah, maka kemungkinan luka sudah terinfeksi.

Jika ada bagian luka yang terbuka selama masa penyembuhan tersebut maka sebaiknya perlu dikontrol ke dokter yang menangani untuk dilihat sejauh mana terbuka. Jika dibiarkan terbuka maka kemungkinan proses penyembuhan luka tidak akan berjalan dengan baik dan luka tidak akan tertutup dengan baik.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Kami anjurkan anda untuk terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter bedah atau bedah plastik agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Perawatan luka yang tidak baik dapat berakibat pada penyembuhan luka yang tidak sempurna. Untuk itu, agar terhindar dari komplikasi yang tidak diinginkan, segeralah mencari pertolongan tenaga medis terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Luka Bakar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar