Sukses

Cara Menghilangkan Gatal Karena Eksim

05 Sep 2017, 11:52 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok obat atau salep apa yg plg bagus untuk mengobati gatal2 yg di sebabkan oleh eksim?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar mengobati gatal karena eksim melalui fitur tanya dokter.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari.

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak, yang biasa ditandai oleh rasa gatal, penyakit sering kambuh, dan distribusi lesi yang khas. Penyebab yang jelas dari DA belum diketahui, tetapi diduga berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan seperti:

Makanan
Hampir 40% bayi dan anak dengan dermatitis atopik sedang maupun berat mempunyai riwayat alergi terhadap makanan.

Alergen Hirup
Contohnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang peliharaan, dan hamur atau ragweed di negara-negara dengan empat musim.

Infeksi Kulit
Penderita dengan dermatitis atopik mempunyai kecenderungan infeksi kulit oleh Staphylococcus aureus, virus dan jamur.

Meski demikian, beberapa keadaan dapat memperburuk dermatitis atopik yakni:

Stres emosional
Perubahan suhu atau kelembapan udara
Infeksi kulit oleh bakteri
Oleh karena itu cobalah untuk mengetahui penyebabnya dan menghindari pencetus dari eksim Anda. Memang terkadang eksim seperti lingkaran gatal-garuk yang akan terus berulang. Namun jika Anda dapat menghindari faktor penyebabnya, niscaya hal tersebut tidak akan terulang lagi. Jika memang sedang gatal, Anda dapat mengonsumsi obat minum yang mengandung antihistamin seperti golongan cetirizine atau loratadine. Selain itu pastikan juga agar kulit Anda selalu lembab karena kulit yang kering akan lebih mudah menyebabkan kulit Anda mengalami eksim. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab setiap harinya misalnya yang mengandung urea 20%.

Sedangkan penanganan bekas luka yang menghitam bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar