Sukses

Menurunkan Berat Badan

05 Sep 2017, 15:26 WIB
Wanita, 31 tahun.

Ass dokter, perkenalkan nama saya Novi Saya ibu rumah tangga n pekerja dengan 3orng anak, saya mau bertanya diet seperti apa si yg harus saya lakukan dengan bb yg over lout sprti ini..mohon petujuk nya trmksh dok.

Terima kasih sudah bertanya mengenai berat badan ideal melalui fitur Tanya Dokter

Untuk mengetahui berat badan ideal ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, yaitu

  • Mematok berat badan ideal berdasarkan rumus broca. Rumus broca didapatkan dengan cara, mengurangi tinggi badan dengan 100 kemudian dikalian 90 %. Bila tinggi Anda 170 maka berat badan ideal Anda sekitar 90% x (170 - 100) = 63 kg
  • Mematok berat badan ideal berdasarkan indeks masa tubuh atau IMT. IMT didapatkan dengan cara membagi berat badan dalam kg, dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Bila saat ini berat Anda 42 maka IMT Anda 42 / (1,7x1,7) = 16. IMT yang normal berada di kisaran 18- 23.

Untuk menurunkan berat badan ideal, diperlukan konsumsi energi yang lebih kecil daripada energi yang dipakai. Beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menaikkan berat badan adalah:

  • Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Pertimbangkan konsumsi kalori
  • Konsumsi multivitamin dapat membantu pemenuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
  • Tetap berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Di lain sisi, olahraga perlu untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Berolahragalah selama 30 menit secara teratur.
  • Berlatih dengan beban akan membantu meningkatkan masa otot Anda

Mulailah menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan berolahraga teratur, istirahat cukup, dan pola makan yang sehat.
Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengatur menu dan menjaga stabilisasi dari peningkatan berat badan.  Apabila anda mengalami keluhan-keluhan lain yang mengganggu, seperti gangguan haid, atau nyeri dada,  saya sarankan sebaiknya anda segera mendatangi dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi saya sampaikan terkait berat badan ideal. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar