Sukses

Kembung Pada Bayi

05 Sep 2017, 11:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya seorg ibu saya mau tanya anak saya yg bary berusia 4minggu dia perutnya kembung terus susah sendawa kalopun saya sendawakan malah gumoh lalu babnya juga aga cair kekental-kentalan sperti ingus tapi ada serat sperti biji cabai lalu kalo bab disertai buang angin apakah itu normal dok untuk anak seusianya mohoon jawabannya ya dok trimakasih bantuannya .

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar kembung pada bayi melalui fitur tanya dokter.

Kembung adalah kondisi dimana terdapat banyak gas di dalam saluran pencernaannya. Bayi yang banyak menangis sering mengalami kembung karena banyak menelan udara. Bayi yang minum susu botol dengan lubang dot terlalu besar atau terdapat kebocoran akan mudah kembung. Menyendawakan bayi sesudah minum dapat mengurang gejala kembung seperti ini, dapat juga dibantu dengan obat luar seperti minyak kayu putih atau minyak telon.Ukuran dot sebaiknya disesuaikan dengan usia anak.

Berhati-hatilah karena bayi yang kembung umumnya mudah muntah. Sendawakanlah bayi sehabis minum ASI maupun susu dari botol. Kembung juga dapat disebabkan oleh penyakit lain seperti diare, sulit BAB, muntah, gangguan saluran pencernaan, dsbnya. Apabila terdapat penyakit dasar, maka sebaiknya penyakit dasarnyalah yang diatasi untuk menghilangkan kembung yang dialami. Apakah bayi Anda mengalami gangguan buang air besar, tampak sakit, kuning, tidak mau minum/makan, demam? bila ada salah satu gejala tersebut sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter spesialis anak.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar