Sukses

Belum Haid di Usia 19 tahun

05 Sep 2017, 13:27 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter saya mau tanya dok, jika seorang pelari umur 19 tahun tapi belum haid, dan pelari tersebut tidak mau makan karena takut gemuk. Yg ingn sy tnykn apkh itu trmak fisiolgi atau patofisiolgi dokter, mksh sblmnyq

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Belum Haid di Usia 19 tahun melalui fitur Tanya Dokter.

Haid dipengaruhi oleh kondisi hormonal jadi kemungkinan besar terjadi ketidakseimbangan hormon Anda. Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Namun karena Anda mengatakan USG kandungan baik-baik saja, hampir besar dipastikan penyebabnya adalah faktor hormonal. Terlebih lagi usia Anda sudah 19 tahun dan tinggi badan Anda juga tergolong rendah untuk seusia Anda.

Bagaimana dengan pertumbuhan payudara Anda dan rambut sekitar kemaluan Anda?

Cara mengatasinya tentu perlu diketahui dulu penyebabnya. Jadi jika penyebabnya adalah faktor hormonal, maka perlu dilakukan terapi hormon. Kami sarankan agar Anda segera mengambil hasil pemeriksaan hormon Anda dan dilakukan evaluasi lebih lanjut. Karena sayang sekali, usia Anda masih muda dan bila terdapat gangguan hormon lainnya misalnya growth hormone, bisa segera diterapi. Terlebih lagi growth hormone tersebut juga mempengaruhi faktor pertumbuhan (untuk menambah tinggi badan seseorang) dan lempeng efisisis pertumbuhan akan menutup pada usia 20-21 tahun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Belum Haid di Usia 19 tahun. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar