Sukses

Belum Melahirkan Mendekati Hari Perkiraan

05 Sep 2017, 12:45 WIB
Pria, 25 tahun.

Assalamualaikum wr wb selamat pagi Dokter2 di seluruh indonesia,,saya mau konsultasi mengapa bumil belum melahirkan saat sudah waktunya hpl sudah mendekati hari H

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai belum melahirkan mendekati hari perkiraan. 

Kami dapat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tanggal perkiraan kelahiran memang dapat bergeser antara 1-2 minggu. Apabila kondisi janin dalam keadaan sehat, maka proses kelahiran dapat ditunggu hingga usia kehamilan 42 minggu. Sedangkan anjuran untuk melahirkan sesegera mungkin baru dipertimbangkan berdasarkan beberapa indikasi, antara lain adalah kehamilan lewat waktu, kencing manis, gangguan pertumbuhan janin, kematian janin dalam kehamilan,  tekanan darah tinggi pada ibu hamil, pecahnya selaput ketuban dini, dsb.

Namun apabila tanda-tanda persalinan tetap tidak dirasakan setelah usia kehamilan 42 minggu (rata-rata 40 minggu), maka induksi akan dilakukan. Apabila induksi tidak berhasil maka akan dilakukan operasi sesar. Terdapat beberapa upaya yang dapat merangsang terjadinya persalinan, seperti memperbanyak jalan (ex: jalan pagi), melakukan hubungan seksual, dan rangsangan puting susu untuk merangsang terjadinya tanda persalinan. Namun tentu saja Anda tidak boleh terlalu lelah, harus cukup istirahat dengan tetap mengonsumsi asupan nutrisi seimbang dan istirahat teratur. Anda tidak perlu khawatir. Cobalah untuk menenangkan diri Anda agar persalinan nanti berjalan lancar.

Anda dapat membaca berbagai informasi kehamilan dari minggu 1-40 lengkap dengan tipsnya pada fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan situs kami.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai belum melahirkan mendekati hari perkiraan. Semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar