Sukses

Beda Penyakit Darah Manis Dengan Jamuran

05 Sep 2017, 08:33 WIB
Pria, 22 tahun.

Asslamualaikum... Mau tanya apa bedanya sama darah manis sama penykt jamur yg ada di selangkangan.. itu kan sama sama persis bahkan darah kotor jg sama. Sama sama persis timbul nya bintik2 sperti gitu. Terus bagaimana cara mengatasi darah manis sama penyakit jamuran?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai beda penyakit darah manis dengan jamuran. 

Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. 

Istilah awam untuk darah manis karena kelainan kulit koreng dalam medis adalah prurigo. Prurigo merupakan suatu kondisi pada kulit yang dapat dialami setiap orang dalam segala usia, namun paling sering ditemukan pada kisaran usia 20-60 tahun.

Penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

  • Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen),  faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.

  • Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain

  • Faktor hormon / endokrin

  • Alergi makanan dan obat

  • Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik

  • Anemia kekurangan zat besi, dan

  • Hingga 80% penderita prurigo memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Penderita prurigo biasanya memiliki kecenderungan alergi. Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer

  • Gunakan pelembab pada tangan 

  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Pengobatan yang sering diberikan adalah kortikosteroid topikal (oles) 1x/hari malam hari dan antihistamin (anti gatal: CTM, loratadin, cetirizine). Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit Anda agar tidak timbul prurigo kembali, antara lain dengan memerhatikan faktor-faktor di atas yang diduga berpengaruh. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Namun ada juga obat untuk menghilangkan bekas luka seperti hidrokuinon. 

Infeksi jamur pada selangkangan nampak sebagai sebuah plak merah yang bersisik dan gatal di area selangkangan. Jika sudah berlangsung lama, warnanya bisa menjadi coklat kehitaman. Di tepi plak tersebut umumnya terdapat bintil-bintil merah seperti jerawat kecil, bersifat gatal dan dapat bertambah berat jika sedang berkeringat.

Tinea kruris biasanya mengincar orang yang sering berkeringat, memiliki berat badan berlebih, atlet, orang yang memakai pakaian dalam atau celana terlalu ketat, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti mereka yang memiliki diabetes melitus, kanker, pasca transplantasi organ, dan HIV/AIDS.

Mereka yang suka bertukar celana, pakaian dalam, atau handuk dengan orang lain juga berisiko tertular infeksi ini. Selain itu, binatang peliharaan Anda juga bisa menularkan infeksi jamur ini.

Untuk infeksi jamur pada selangkangan tingkat ringan, dokter akan memberikan krim anti jamur untuk mengobatinya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjaga agar area selangkangan Anda tetap bersih dan kering. Oleh karena itu, gunakanlah selalu pakaian yang bersih, dan menghindari pemakaian celana yang ketat dan berlapis.

Jika Anda sering berkeringat, ada baiknya Anda menyeka keringat tersebut secara berkala, bahkan jika perlu mengganti celana dan celana dalam Anda. Namun perlu Anda ingat, hindari bertukar pakaian ataupun handuk dengan orang lain untuk mencegah terjadinya penularan.

Namun demikian, jika pengobatan tersebut tidak berhasil, atau area yang terkena infeksi jamur tersebut luas, dokter akan memberikan obat minum anti jamur untuk mengatasinya. Lakukanlah pengobatan dengan teratur, dan jangan lupa untuk kontrol kembali kepada dokter untuk mengevaluasi keadaan Anda.

Terkait pertanyaan Anda mengenai "darah kotor", di dalam dunia medis tidak mengenal istilah "darah kotor". Sehingga sulit bagi kami untuk mediagnosis keluhan Anda dan pengobatan yang Anda perlukan. 

Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui kondisi Anda saat ini dan untuk mendapat penanganan yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai beda penyakit darah manis dengan jamuran. Semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar