Sukses

Mamografi

05 Sep 2017, 07:17 WIB
Wanita, 30 tahun.

Assalamualaikum Kepada npk/ibu dokter yth Dok saya mau tanya Payudara sebelah kiri sering bgt sakit Pernah nyoba k dokter dan d usg Kata dokter nya ngg ada benjolan Mungkin ada otot yg tegang akibat sering gendong2 anak....setelh itu d kasih obat tp ttp aja sakit gk ilang2...pengen ke rumh sakit tp bingung harus periksa k dktr spesialis apa? Dan apakah benar mamografi gak boleh untuk usia kurang dr 40th? Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai nyeri payudara melalui fitur Tanya Dokter

Payudara terdiri dari jaringan penghasil susu, lemak, kulit dan otot. Kelainan pada setiap bagian tersebut bisa mengakibatkan nyeri.Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh.Hal ini sering berkaitan dengan riwayat luka, atau pada ibu menyusui dimana air susu tidak dikeluarkan.

Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Hal ini seperti yang dikatakan dokter puskesmas yang Anda tangani. Memar pada payudara bisa mengakibatkan keluhan seperti yang Anda rasakan. Teregangnya otot saat aktivitas, seperti yang dokter Anda katakan, juga bisa menyebabkan nyeri

Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. Tanpa ada benjolan maka kecil kemungkinan nyeri payudara Anda disebabkan oleh kanker payudara.

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Mamografi bisa saja dilakukan pada wanita usia lebih dari 35 tahun. Pertimbangannya bukan boleh atau tidak, tetapi pada kebermanfaatannya. Pada usia kurang dari 35 tahun, jaringan payudara masih padat sehingga sulit bagi mamografi menemukan adanya tanda pertumbuhan tumor. Untuk kanker payudara, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bedah spesialis onkologi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai nyeri payudara. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar