Sukses

Mempertahankan Berat Badan

05 Sep 2017, 06:28 WIB
Pria, 14 tahun.

Saya dulu berbobot 81kg kemudian saya menjalankan diet selama 1 bulan 25 hari, dan bobot saya menjadi 61kg turun sekitar kurang lebih 20kg. Diet ini digolongkan sangat drastis, namun dok beberapa orang bilang bahwa diet bertahap dapat mempertahankan berat saya untuk jangka panjang karena katanya tubuh bisa lebih menyesuaikan terhadap asupan yang masuk. dengan keadaan saya yang sudah turun drastis, rentan sekali untuk naik beratnya ketika makan nasi & berminyak. Waktu saya 80kg saya makan banyak tidak masalah dan tidak naik, tetap. Pertanyaanya bagaimana saya membuat badan saya menjadi menyesuaikan ketika makan nasi & berminyak( namun tak terlalu banyak) dengan berat tak naik seperti yang akan terjadi jika saya turun 20kg secara bertahap dan pelan2? Terimakasih sebelumnya.

Terima kasih sudah bertanya mengenai dengan mempertahankan berat badan Melalui fitur Tanya Dokter

Mengenai mudahnya seseorang yang diet drastis untuk kembali gemuk tidaklah berkaitan dengan kesensitifan tubuh terhadap makanan, namun lebih dipengaruhi rebound dari kebiasaan makan sebelum diet. Karena sesuatu yang drastis, belum menjadi kebiasaan, maka sangat mungkin kebiasaan makan Anda kembali seperti semula. Selagi Anda masih bisa mengontrol keinginan makan Anda, maka tidak akan bermasalah.

Untuk mempertahankan berat badan, diperlukan konsumsi energi yang sesuai dengan energi yang dipakai. Usahakanlan mempraktekkan gizi seimbang yaitu susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal sesuai dengan keburuhan kalori. Beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menaikkan berat badan adalah:

  • Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan kalori.
  • 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah).
  • Konsumsi multivitamin dapat membantu pemenuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
  • Tetap berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Di lain sisi, olahraga perlu untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Berolahragalah selama 30 menit secara teratur.
  • Berlatih dengan beban akan membantu meningkatkan masa otot Anda
  • Yang terakhir dalah cukup istirahat agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma

Mulailah menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan berolahraga teratur, istirahat cukup, dan pola makan yang sehat. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menghitung kebutuhan kalori dan mengatur menu supaya bisa menjaga stabilisasi dari berat badan.

Demikian informasi saya sampaikan terkait mempertahankan berat badan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar