Sukses

Telinga Sakit Saat Batuk

05 Sep 2017, 02:20 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok awalnya saya batuk. Batuknya gatal sekali tidak berhenti2 batuk dan batuknya kering. per tgl 5 agustus. Berobat sdh seminggu dan dr situ agak mendingan. Tapi tidak sembuh total suara saya masih serak2 gitu dok. Sampai skrng per tgl 3 sept masih. Dan batuk saya mulai kambuh lagi tapi tidak separah awal2. Tapi ditambah pilek. Tapi sudah berwarna. Nah pas tgl 2 sept mlm2 pada saat batuk dan seperti biasa buang maaf (reak/ingus) telinga saya tiba2 sakit. Seperti kemasukan air. Padahal tidak kemasukan air. Saya berfikir mungkin krn terlalu kencang dan keseringan buang reak/ingus. Jadi telinga saya sakit. Dan sakit nya bergantian kadang kanan kadang kiri. Dan pernah juga 22 nya sakit. Pas pagi tdi telinga kanan saya sakit tapi msh bisa ditahan. Nah pas malam kesini2 makin sakit. Apa lagi klw saat menguap seperti ketarik dan sakit. Apa yg harus saya perbuat ya dok? Mhn bantuannya.

Terima kasih telah bertanya tentang telinga sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami saat ini. Nyeri telinga menggambarkan adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Apakah ada cairan yang keluar dari telinga? atau ada kemerahan atau bengkak dari telinga Anda bagian luar? dan apakah Anda memiliki nyeri kepala dan kemerahan serta nyeri bila Anda menyentuh tulang di bawah telinga Anda? Bagaimana adengan pendengaran Anda, apakah berkurang/tidak?

Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. Apabila Anda sedang mengalami batuk dan influenza, telinga Anda juga dapat terasa nyeri. Diagnosis penyakit di telinga membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung. Terlebih dengan adanya riwayat mengorek telinga, usaha pembersihan telinga yang tidak tepat dapat menyebabkan luka pada dinding telinga atau mendesak kotoran semakin masuk ke dalam telinga, sehingga dapat memicu terjadinya infeksi. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk diperiksa secara langsung menggunakan alat khusus di telinga Anda.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

0 Komentar

Belum ada komentar