Sukses

Geraham Dicabut Setelah Pemasangan Kawat Gigi

04 Sep 2017, 23:55 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat malam dokter, saya Dwita. Dok, saya mau tanya, jika seorang pasien memiliki gigi molar pertama bawah yang sudah karies profunda dan ingin memasang alat ortodonsi mau tidak mau gigi molarnya harus di cabut kan.. tapi kalau pasiennya menolak saat dianjurkan, dan baru menyetujui beberapa bulan kemudian (setelah pemasangan kawat) untuk dicabut apakah akan menimbulkan dampak tertentu? Apakah hal tersebut berhubungan dengan terasa baal di bibir dan lidahnya yang tidak kunjung hilang selama seminggu lebih? Atau rasa baal tersebut diakibatkan dari anastesi berlebihan yang diberikan dokter? Terima Kasih sebelumnya dok :)

Terimakasih telah bertanya seputar geraham dicabut setelah pemasangan kawat gigi melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Gigi yang mengalami karies profunda bila akan digunakan sebagai penjangkaran pada perawatan ortho maka harus dipertahankan dengan cara melakukan perawsatan saluran akar. Baal pada bibir dan lidah bisa jadi akibat trauma pada syaraf atau bahkan terputus. Kondisi ini disebut parasthesia, yang sifatnya hanya sementara namun ada juga laporan kasus yang menyebutkan kondisi ini terjadi secara permanen. Proses pemulihan dari sel syaraf relatif lebih lambat jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali seperti semula, sekitar 3 hingga 6 bulan.

Dalam waktu seminggu paska pencabutan proses peradangan masih terjadi, sehingga bengkak yang terjadi pada pipi dan sekitarnya mungkin masih menekan syaraf. Untuk membantu mempercepat pemulihan, Anda dapat mengkonsumsi vitamin neurotropik yang dapat Anda beli di apotik, gunakan sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. Bila Anda masih merasa kurang nyaman, ada baiknya Anda kembali lagi ke dokter gigi yang melakukan pencabutan gigi Anda untuk berkonsultasi secara langsung dan bila ada kelainan dapat terdeteksi secara dini. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai geraham dicabut setelah pemasangan kawat gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar