Sukses

Perbaikan Motilitas Sperma

04 Sep 2017, 22:42 WIB
Pria, 34 tahun.

Hasil analisis sperma saya asthenozoospermia... Bagaimana cara mengatasinya...mohon bantuannya ya dok...

Terima kasih telah bertanya mengenai asthenozoospermia melalui fitur Tanya Dokter

Motilitas atau pergerakan dari sperma merupakan salah satu parameter yang dinilai dalam pemeriksaan kualitas sperma. Sperma yang baik, adalah sperma yang mempu berenang dengan cepat dan lurus (progresif) sehingga bisa membuahi sel telur. Dari jutaan sel sperma yang keluar saat ejakulasi, tidak semuanya memiliki pergerakan yang baik. Setidaknya 40% bergerak baik cepat ataupun lambat. Asthenozoospermia berarti kurang dari 40 persen sperma, memiliki abnormalitas gerakan. Sehingga menurunkan potensi untuk mengakibatkan kehamilan.

Dalam beberapa penelitian, pemberian zat antioksidan memperlihatkan perbaikan motilitas sperma. Beberapa antioksidan tersebut mencakupL

  • Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)
  • Vitamin E,
  • Selenium,
  • CoQ10,
  • N-acetyl-cysteine,
  • Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.
  • Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

Menghindari stres dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Di samping mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi agar dapat diketahui penyebabnya serta diobati sesuai dengan penyebabnya.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan mengenai asthenozoospermia. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar