Sukses

Dampak Gigi Geraham Hilang Tidak Diganti

04 Sep 2017, 22:10 WIB
Pria, 19 tahun.

Halo Dok, saya seorang mahasiswa umur 19 tahun. gigi geraham 3 dari belakang saya telah dicabut kiri dan kanan bagian bawah karena polip yang sudah merusak mahkota gigi sepenuhnya. kira-kira bagaimana solusinya dok, soalnya sewaktu saya searching di internet gigi geraham bolong dapat membuat gigi diatasnya longgar, dan dibelakangnya bisa maju. mohon penjelasan dan langkah apa yang harus saya lakukan. terima kasih dok

Terimakasih telah bertanya seputar dampak gigi geraham hilang tidak diganti melalui fitur Tanya Dokter.

Idealnya, gigi asli yang hilang harus diganti dengan gigi tiruan. Gigi yang hilang dan tidak diganti akan menimbulkan dampak baik jangka pendek maupun jangka panjang, berikut ini dampaknya :

1. Gigi “ompong” tentu akan mengganggu estetika, terutama apabila gigi yang hilang adalah gigi depan. Gigi bagian belakang pun masih akan tetap terlihat saat kita sedang tertawa lebar.


2. Gigi yang hilang tentu mengurangi kenyamanan saat mengunyah dan menggigit makanan, apalagi jika yang hilang adalah gigi geraham. Ketidaknyamanan tersebut dapat membuat orang mengunyah hanya di satu sisi, dimana gigi masih lengkap. Mengunyah satu sisi dapat membuat sisi yang tidak digunakan malah menjadi lebih kotor dan menjadi tempat menumpuknya karang gigi.


3. Gigi yang berada di samping gigi yang hilang lama kelamaan akan mengalami perubahan posisi, bisa bergeser atau pun miring. Bila yang hilang adalah gigi bawah, maka gigi lawannya di rahang atas akan “turun” dan terlihat lebih panjang karena tidak ada lagi yang menahannya. Gigi yang miring atau renggang dapat membuat makanan lebih mudah terselip dan dapat berujung kepada karies gigi.


4. Perubahan posisi gigi akan mengganggu harmonisasi oklusi (gigitan) gigi geligi rahang atas maupun bawah. Akibatnya, kerja otot-otot yang bertugas membuka dan menutup rahang serta sendi rahang akan menjadi tidak seimbang. Jika terjadi secara terus menerus, dalam jangka panjang akan menyebabkan kelainan pada sendi rahang (TMD/Temporomandibular Disorder). Gejala yang dapat terjadi pada kelainan ini bervariasi, mulai dari tidak nyaman saat membuka dan menutup mulut hingga sakit kepala yang tidak jelas penyebabnya.


5. Orang yang mengalami kehilangan gigi dan tidak diganti akan terlihat lebih tua, apalagi jika gigi yang hilang cukup banyak. Hal ini dikarenakan tulang rahang pada lokasi gigi yang hilang akan mengalami aus, dan tidak lagi dapat menahan pipi dan bibir. Contoh ekstrimnya adalah pada orang lanjut usia yang semua giginya sudah hilang, pipinya terlihat kempot dan bibir tampak mengkerut.

Gigi geraham yang hilang bisa diganti dengan gigi palsu yang cekat maupun lepasan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami sarankan untuk konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk jenis gigi palsu yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai dampak gigi geraham hilang tidak diganti, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar