Sukses

Penyebab Berat Badan Turun

04 Sep 2017, 19:39 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok , saya mau tanya . Pacar saya , sebut saja Efra , dia sekarang sedang sakit . Tapi tidak tahu sakit apa . Gejalanya seperti ini : - berat badannya menurun drastis , jadi kurus . - lalu napsu makannya menurun - amandelnya bengkak - napasnya tidak bisa panjang - cepat capek - leher bagian belakangnya suka sakit , pegel , nyeri , dan tidak hilang-hilang walau sudah diberikan koyo / counterpain . Itu kira-kira sakit apa ya dok ? Soalnya saya agak takut melihat badannya yg tambah kurus . Mohon infonya segera ya dok . Terima kasih sebelum nya . Salam , 

Terima kasih telah bertanya tentang berat badan yang turun drastis melalui fitur Tanya Dokter.com

Kami mengerti kekhawatiran anda. Berat badan yang turun drastis dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti penyakit gula darah, penyakit TBC, masalah makan dan kurangnya asupan nutrisi, stress psikologis dan gangguan depresi, aktivitas berat berlebihan, gangguan saluran cerna, penyakit hormon tiroid, hingga penyakit kronis seperti kanker dan HIV. Apakah aktivitas Anda sebelum penurunan berat badan tersebut berlebih? Jika memang tidak ada perubahan bermakna dalam pola makan dan aktivitas, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memastikan ada tidaknya penyakit yang mendasari penurunan berat badan tersebut.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan dan mempertahankan agar tetap stabil, antara lain:

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait berat badan yang turun drastis. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar