Sukses

Solusi Bisul Anus

04 Sep 2017, 19:31 WIB
Wanita, 31 tahun.

Sy ibu hamil 5bln, saat ini sy sdg mengalami bisul diarea anus & itu menganggu sekali aktivitas sy terutama berjalan dan berpindah posisi gerak sakit sekali. Bisulnya sdh bengkak, memerah, hangat tp blm ada matanya (blm matang). Kondisi ini jg diperparah lg krn sy blm sembuh benar sakit batuknya jd saat batuk menyiksa sekali krn bisul itu menekan dan sy pun srg pipis dicelana krn batuknya itu. Mohon solusinya dok, tindakan apa yg sebaiknya sy lakukan krn sblmnya sy berobat ke bidan keluhkan bisul ini hnya diberikan obat minum anti nyeri saja. Kenapa jg tiap sy batuk srg tiba2 mengeluarkan pipis. Sy takut sembarangan bertindak krn sy jg sdg hamil. Tolong dibantu dok. Terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang bisul anus menggunakan fitur Tanya Dokter

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran sisebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, bisul yang terjadi berulang kali kambuh kembali, yang berarti bahwa faktor pencetus bisul tersebut belum dihilangkan dan bisul yang Anda miliki belum ditatalaksana sampai tuntas.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali.

Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan ddaerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat, disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin berganti pakaian dalam. Apabila keluhan ini sudah berulang, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar