Sukses

Benjolan Pada Lutut

04 Sep 2017, 18:52 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya memiliki benjolan di sebelah tempurung lutut kanan tepatnya sebelah bagian dalam. Benjolan itu muncul sejak saya berusia kurang lebih 10 tahun, usia saya saat ini 19. Dalam kondisi normal benjolan tersebut sebesar satu siung buah salak dan bersifat lembek seperti daging pada umumnya. Dalam kondisi lelah setelah berolahraga atau aktivitas berat ukurannya membesar dan mengeras bahkan terasa agak ngilu. Beberapa kali datang ke dokter yang berbeda tetapi jawabannya selalu "tidak apa apa besok pasti hilang sendiri ", saya merasa tidak puas. Yang saya tanyakan Dok, apakah benjolan tersebut sebuah penyakit? Dan satu tahun ini, hampir setiap saya duduk kemudian saat saya akan berdiri setengah badan sebelah kanan terasa kaku tidak dapat digerakkan seperti orang stroke tapi hanya terjadi beberapa detik. Apakah ini ada hubungannya dengan benjolan? Jika tidak penyakit apakah ini, Dok? terimakasih dok,..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan di lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda mengenai benjolan di lutut yang anda alami. Cukup sulit bagi kami untuk mendiagnosis penyakit anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan kemungkinan keluhan anda ini membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti USG atau x-ray lutut.

Benjolan lunak di lutut terutama di bagian belakang lutut (lipat lutut) seringkali merupakan suatu kista. Kista ini tidak berbahaya namun apabila semakin besar, dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan bahkan bisa menyebabkan rasa nyeri. Pada beberapa kasus memang dapat hilang sendiri, tetapi yang membesar dan semakin menimbulkan gejala, perlu ditindak lanjut. Tindak lanjutnya adalah melakuakn oeprasi pengangkatan benjolan tersebut.

Namun sekali lagi untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan, oleh karena itu kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk memastikan diagnosis anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar benjolan di lutut, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar