Sukses

Selaput yang Menutupi Mata

04 Sep 2017, 18:49 WIB
Wanita, 19 tahun.

Pagi dok :) Dok saya ingin bertanya terkait masalah yang ada di mata saya. Di mata kiri saya terdapat selaput warna putih. Saya menyadari adanya selaput itu sejak SMA akhir, kemudian saya biarkan saja dan akhirnya sekarang saya baru menyadari bahwa selaput itu sudah melebar dan sudah mengenai kornea nya (bola mata yang hitam nya) meskipun kecil dan tipis. Terus di selaput itu nampak warna merah dikit seperti urat. Dan saya tidak merasa ada benjolan atau keganjalan di mata saya atau gejala lainnya, saya hanya mengalami mata merah dan gatal itupun dulu. Bagaimana menurut dokter tentang mata kiri saya itu, dan tindakan apa yang harus saya lakukan ke depannya? Terimakasih dok :)))

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar selaput di mata melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Kelainan pada mata akan lebih tepat apabila didiagnosa melalui pemeriksaan secara langsung. Kelainan selaput bola mata dimana terjadi pertumbuhan selaput putih bola mata yang tidak normal, berbentuk segitiga dengan ujung mengarah pada kornea yang disebut pterigium.

Penyebab pterigium sendiri belum diketahui secara pasti tapi diduga karena faktor iritasi dari luar seperti : sinar matahari, panas, debu dan angin. Karena itu untuk mencegah timbulnya pterigium dapat dilakukan dengan cara menghindari paparan sinar matahari (ultraviolet) dengan memakai kacamata hitam, topi atau payung.

Gejala pterygium :

  • Pertumbuhan berwarna putih dengan pembuluh darah yang terlihat/menonjol di sudut mata bagian dalam atau luar.
  • Pterigium dapat terjadi pada satu atau kedua mata
  • Kemerahan pada daerah yang terkena
  • Iritasi
  • Gejala mata kering
  • Kadang kala berair
  • Terasa seperti ada benda asing di dalam mata
  • Penglihatan buram (pada kasus parah pertumbuhan dapat menutupi kornea pusat atau menyebabkan astigmatisme karena tekanan pada permukaan kornea)

Pengobatan tidak diperlukan karena umumnya sering kambuh pada pasien yang masih muda. Jika terjadi iritasi atau peradangan pada mata, dokter akan memberikan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi inflamasi. Untuk mengambil atau menghilangkannya memang hanya bisa dilakukan dengan operasi atau pembedahan. Namun umumnya hal ini dilakukan apabila pterigium menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pterigium tidak mengancam nyawa. Apabila Anda tidak mau dioperasi maka untuk mencegah pterigium sering meradang dan kambuh atau menjadi besar, lindungilah mata Anda dari sinar matahari, debu, dan udara kering (paparan AC langsung pada mata) dengan menggunakan kacamata pelindung.

Tentunya terdapat kemungkinan lain dari penyebab keluhan pada mata Anda, diantaranya adalah kelainan yang disebut sebagai pseudopterigium / pterigium palsu dan pinguekula (selaput kuning pada mata). Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan kepastian diagnosis yang tentunya didapat setelah melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis Mata pada pusat pusat pelayanan medis terdekat.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar selaput di mata, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar