Sukses

Kulit Mengeras dan Gatal

04 Sep 2017, 13:18 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok.. saya mau tanya.. saya mempunyai masalah pada kulit jari saya bagian atas.. kulit saya itu mengeras dan ketika keras kulit saya mulai retak dan luka.. tetapi ketika basah,kulit saya yg keras tsb terasa gatal... Tetapi setalah beberapa Minggu akan sembuh dengan sendirinya dan meninggalkan bekas luka berwarna pink pada kulit karena pengelupasan ada kulit.. setelah sembuh.. beberapa Minggu kemudian keras lagi dan begitu seterusnya.. sampai kulit saya yg keras itu meluas dok.. Saya mau tanya.. apakah yg menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya dok.. Terimakasih dan wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatuh

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kulit mengeras dan gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang perlu kami tanyakan.  Sudah berapa lama anda mengalami hal ini? Apakah keluhan ini baru terjadi pertama kali atau sudah sering terjadi? Bagian jari manakah yang mengalami keluhan, apakah kedua sisi kanan kiri atau hanya pada 1 sisi saja? Apakah pekerjaan anda? Apakah anda terpapar dengan produk pembersih seperti deterjen atau sabun cuci piring? Adakah sabun atau produk mandi yang baru-baru ini diganti lalu muncul keluhan anda?

Kami mencurigai ada 2 hal yaitu akibat reaksi alergi atau karena psoriasis. Namun karena keterbatasan kami dalam memeriksa, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Sementara itu, cobalah hindari faktor-faktor yang mungkin mencetuskan seperti paparan terhadap deterjen, sabun cuci piring, atau hal lainnya. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar kulit mengeras dan gatal, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar