Sukses

Haid Dua Kali Sebulan

04 Sep 2017, 09:23 WIB
Wanita, 330 tahun.

Pagi dokter, saya mau tanya dok di sekitar area mulut saya tiba-tiba ada warna merah ruam dan luka dan menyebar di bawah bibir selain itu saya mendapat menstruasi padahal 2 minggu yang lalu baru selesai mens. Kira-kira kenapa ya dok? Makasih

Terima kasih telah menanyakan tentang haid dua kali sebulan melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari. Haid dua kali dalam sebulan bukanlah hal yang normal.

hal tersebut bisa terjadi karena banyak hal, antara lain:
1. kelainan pembekuan darah, misal : akibat Von Willebrand Disease, kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll
2. gangguan organ kandungan
3. kelainan kelenjar tiroid
4. adanya kista ovarium
5. mioma di rahim
6. penggunaan kontrasepsi IUD
7. efek samping obat tertentu
8. dan sebagainya

Bila Anda mengalami keluhan haid terlalu sering, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Sementara itu, Anda juga disarankan untuk minum air putih minimal 1,5 liter sehari, dan mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti daging sapi, hati ayam, dan sayuran hijau.

Mengenai ruam pada mulut anda, sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab keluhan anda dengan informasi yang terbatas. Diperlukan info lengkap; yang didapatkan dari wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan penunjang yang penting; sehingga dapat menentukan penyebab pasti keluhan anda. Penatalaksanaan keluhan anda pun sangat tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai keluhan ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai haid dua kali sebulan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar