Sukses

Tiba-tiba Tidak Bisa Jalan

03 Sep 2017, 23:36 WIB
Wanita, 34 tahun.

Saya mw tnya dok, kmrin suami sy wkt plng krja tiba" tdk bisa brjln bdn ny trasa lemes sblh dr ats smpe bwh jd untuk brjalan pun tdk ada tnaga sma skli. Td sblm ny pun dia prnh suatu ktika trbangun dr tdrny dn tiba" tdk bsa brjalan tp stlah be"rapa bsa brjln lg tnpa d obati, yg sy mw tnyakn itu pnykit apa dan bgmna cra pengobatan ny??? Mks dok...

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Apakah ada keluhan lain seperti kesemutan,baal, nyeri dan lain sebagainya?

Untuk mengetahui suatu diagnosa penyakit dibutuhkan anamnesa menyeluruh,p emeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan. Oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan kakak anda ke dokter spesialis syaraf untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang dirasakan saat ini dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Salah satu penyakit dengan kelumpuhan anggota tubuh bagian bawah secara tiba-tiba adalah Guillain Barre Syndrom.

GBS atau Guillain–Barré syndrome adalah sindrom dimana imunitas tubuh menyerang jaringan saraf bagian tepi. Penyebab penyakit ini sampai saat ini masih diteliti, tetapi kemungkinan paling besar adalah dipicu oleh infeksi virus maupun infeksi bakteri.

Karena bakteri ini benda asing, tubuh secara otomatis akan mengirimkan pasukan yang bertujuan membasmi benda asing tersebut (memproduksi antibodi). Namun, pada penderita Sindrom Guillain Barre, antibodi yang diproduksi salah informasi dalam mengenali benda asing tersebut dan malah berbalik menyerang tubuh. Dalam hal ini, serangan terjadi pada selubung myelin yang mengelilingi serabut saraf di seluruh saraf tepi, yang dalam bahasa medis dikenal dengan istilah demyelination.

Sistem saraf adalah "kabel utama" tubuh, oleh karena itu bila ia diserang , sistem tubuh menjadi 'down' semua; otot tidak bisa bergerak, kulit tidak bisa merasa akibatnya penyampaian sinyal-sinyal dalam sistem saraf menjadi terganggu. Kalau membayangkan otot tidak bisa bergerak dan kulit tidak bisa berasa mungkin tidak terlalu terbayangkan parahnya. Namun harus diingat, banyak sistem di tubuh yang membutuhkan mekanisme otot dan peraba contohnya pernapasan, jantung, menelan dan bersuara. Sehingga kalau sudah parah, maka orang yang terkena Sindrom Guillain Barré komplikasinya adalah tidak bisa bernapas, tidak bisa menelan, tidak bisa bersuara, bahkan bisa henti jantung.

Gejala pertama yang dirasakan pada kelainan ini adalah berbagai derajat rasa lemah dan kesemutan pada daerah kaki. Kemudian gejala ini akan menyebar secara progresif ke daerah lengan dan tubuh bagian atas. Gejala-gejala ini dapat meningkat dan memburuk sehingga otot-otot tak dapat digunakan sama sekali dan hampir lumpuh total. Biasanya terjadi beberapa hari atau beberapa minggu setelah pasien mengalami gejala infeksi virus pada saluran pernapasan atau pencernaan. Gejala-gejala ini dapat terjadi dalam beberapa hari dan dapat mencapai 3-4 minggu.
Untuk memastikan sebaiknya periksakan hal ini ke Dokter spesialis syaraf untuk mencari penyebab.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar