Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Kuret

04 Sep 2017, 02:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, bulan 12 kmren sya hbis d kuret krna janin gk berkembang. Stelah itu haid sya tdk lncar. Bln 1 haid, bln 2 smpai bln 4 tdk haid & haid lg bln 5.stlah itu 3 bln brturut2 aya lncar dok haidnya. Tp bln kmren sya blum haid smpai skrang & sya TP tpi hsilnya negatif. Sya sring ada kluhan perut bgian bwah kdang2 kram sprti mau haid tp haid tdl knjung dtang. Sya mau tanya dok, apakah itu berbahaya atau tdk. Krna sya sdah niat ingin segera bsa hmil lg. Tlong pencerahannya y dok.. Sbelumnya sya ucapkan terima kasih..

Terimakasih telah bertanya seputar haid pasca kuret melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Tidak jarang juga ada yang memiliki siklus haid lebih panjang yaitu 40 hari sehingga bisa tidak haid dalam 1 bulan. Namun, tetap teratur 40 hari sekali.

Haid tidak teratur disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Menggunakan KB spiral (IUD)
  • Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu
  • Olahraga yang berlebihan
  • Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Stress psikologis
  • Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)
  • Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim
  • Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Kuret sendiri tidak menyebabkan haid tidak teratur. Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Dalam kasus Anda, apakah Anda sudah memeriksakan kandungan Anda ketika keguguran terjadi? Untuk memastikan tidak ada sisa jaringan lagi?

Jika tidak ada sisa jaringan, biasanya perdarahan pun sudah tidak terjadi. Kesuburan pun akan kembali normal sesegera mungkin. Salah satu tandanya ialah kembalinya siklus haid yang normal. Kapan kembalinya bervariasi antarindividu.

Baca juga: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar haid pasca kuret. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar