Sukses

Penyebab Cairan Sperma Keluar Setelah Kencing

04 Sep 2017, 02:07 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam Dokter.... Saya punya keluhan, belakangan ini kira kira 2 sampai 3 bulan ketika saya selesai buang air kecil, kadang kadang sperma saya pun ikut keluar dan diiringi dengan sedikit rasa sakit. Gejala apa yang saya alami saat ini ? mohon petuju dan arahannya dok. Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang cairan sperma yang keluar saat kencing melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab keluarnya cairan mirip sperma setelah berkemih, kami perlu bertanya lebih lanjut. Apakah ada nyeri saat Anda berkemih, apakah ada keluhan lain seperti rasa panas atau dorongan untuk sering berkemih?

Cairan sperma mengandung sel sperma, fruktosa dan zat-zat lain yang berasal dari vesikula seminalis dan kelenjar prostat.

Dalam kondisi normal, pengeluaran cairan sperma terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Bila kondisi tidak normal, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, dan sering berkemih/anyang-anyangan. Di samping itu, bila terdapat peradangan atau infeksi kelenjar prostat, juga dapat keluar cairan mirip sperma.

Kadangkala, ketika tubuh sedang tidak fit dan mengalami kelelahan, juga dapat keluar cairan mirip sperma tanpa ada rangsangan apapun.

Saran kami, bila ini terjadi lebih dari 3 hari sebaiknya konsultasikan dengan dokter urologi agar diketahui apa penyebabnya. Apakah itu merupakan hal yang normal saja atau ada kondisi yang mendasari seperti infeksi saluran kemih atau infeksi prostat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cairan sperma yang keluar saat kencing. Semoga bermanfaat. (FA)

2 Komentar

  • Nug******aputro

    keluhan saya juga sama dok, akan tetapi spermanya keluarnya kadang, perasaan berkemih tidak tuntas tsb lah yang kadang saya paksakan untuk dikeluarkan. hal tsb itu penyakit/ normal ya dok

  • Muh******AtTaufik II

    Meneruskan pertanyaan yang telah di jawab: keluahan lain tidak ada dok, ketika buang air saya tidak merasakan sakit, hanya saja pas ketika selesai buang air ada rasa sakit kecil sebelum cairan sperma saya keluar dan cairan seperma itu berwarna putih pekat dan bening.