Sukses

Penyebab Mual Saat Berlari

03 Sep 2017, 22:07 WIB
Wanita, 16 tahun.

Saya mau tanya dok, tiap kali saya olahraga lari, belum sampai 10menit wajah saya pucat dan mata sedikit berkunang kunang. Kenapa ya dokk?? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya penyebab mual saat berlari menggunakan layanan tanya dokter

Keluhan Anda adalah sakit kepala dan mual pasca berolahraga. Seberapa sering Anda berolahraga? Apa jenis olahraga yang Anda lakukan? Apakah Anda memiliki riwayat penyakit lain?

Saat olahraga kebutuhan oksigen di dalam tubuh dan otak meningkat. Nyeri kepala yang muncul setelah olahraga disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya syaraf dan menghasilkan nyeri. Effort migraine biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu berlebihan atau olahraga ekstrim.

Saat dan sesudah olahraga, frekuens denyut jantung juga pasti akan meningkat karena kerja jantung yang bertambah untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Frekuensi denyut jantung yang meningkat ditandai dengan rasa berdebar-debar. Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa menyebabkan keluhan pusing, sakit kepala, mual, keringat dingin, dan berdebar-debar pasca olahraga. Maka dari itu pastikan kebutuhan Anda tercukupi sebelum dan sesudah berolahraga.

Selain itu, coba perhatikan lagi jenis olahraga yang Anda lakukan. Lakukan olahraga mulai dari intensitas ringan kemudian bertahap ke intensitas sedang. Jika keluhan tetap berlangsung, ada baiknya Anda melakukan pemeriksan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk menyingkirkan adanya penyakit yang mendasari.

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga
Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta
Olahraga Angkat Beban
Olahraga Menurunkan Risiko Kanker Dinding Rahim
10 Manfaat Olahraga
Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar