Sukses

Nyeri Perut Kanan Bawah Hingga Pinggang

03 Sep 2017, 01:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok.. Sekarang perut bagian kanan bawa nyeri sampai ke belakang pinggang Dan di lubang anus.. penyebabnya apa yah Dok..?? Terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Nyeri Perut Kanan Bawah Hingga Pinggang melalui fitur Tanya Dokter  

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya, beberapa hal perlu kami tanyakan terkait keluhan yang Anda rasakan. Apakah ini kali pertama Anda mengalami keluhan ini? Apakah disertai demam, mual ataupun muntah? Apakah ada keluhan buang air kecil? Bagaimana siklus menstruasi Anda?

Perlu diketahui ada beberapa organ yang terdapat di rongga perut kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, usus, saluran kemih, dan indung telur (pada wanita). Oleh karena itu, nyeri di daerah ini memiliki banyak kemungkinan penyebab, diantaranya adalah:

Usus buntu yang meradang (apendisitis)
Sistitis (peradangan kandung kemih)
Divertikulitis (penonjolan usus besar yang meradang)
Kelainan leher rahim (infeksi/peradangan/tumor)
Endometriosis
Sumbatan usus
Nyeri pada saat ovulasi (Mittelschmerz)
Kista ovarium (indung telur)
Penyakit radang panggul (infeksi organ kandungan)
Salpingitis (peradangan tuba falopii/saluran telur)

Penyebab terseringnya memang adalah radang usus buntu (apendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll) dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misalnya pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. 

Akan tetapi, diagnosis tidak dapat ditegakkan hanya berdasarkan keluhan Anda saja. Untuk mengetahui penyebab nyeri dengan jelas, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik yang menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang guna menentukan diagnosis penyebab keluhan Anda sehingga dapat pula ditentukan penanganan yang tepat dan optimal.

 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Nyeri Perut Kanan Bawah Hingga Pinggang, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar