Sukses

Syok, istilah Medis vs Istilah Awam

02 Sep 2017, 11:00 WIB
Pria, 20 tahun.

kalau saya benar benar syok mengapa badan saya menggigil kencang susah bicara dan jantung berdebar tangan dingin, tapi kalau syok biasa tidak. mengapa lah ya dok? tolong jawab ya, terimakasih dok

Terima kasih sudah bertanya mengenai syok melalui fitur Tanya Dokter

Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada perbedaan makna antara syok dalam dunia medis, dan syok pada umumnya. Syok dalam dunia medis mengandung arti gangguan aliran darah ke seluruh tubuh. Syok dalam kalimat umum, diambil dari bahasa inggris "shocked" yang berarti kaget atau terkejut. Bila deskripsinya seperti yang Anda sebutkan, keduanya bisa saja mengakibatkan gejala serupa dengan mekanisme berbeda.

Bila aliran darah tidak sampai ke ujung jari, misalnya pada pasien dehidrasi karena diare berat, maka ujung jari akan dingin, jantung berdetak kencang. Hal ini berkaitan dengan respon tubuh terhadap kekurangan cairan sehingga pengobatan yang tepat adalah pemberian cairan dengan metode infus. 

Bila yang Anda maksud adalah syok dalam artian kaget, atau perasaan yang muncul karena adanya suatu permasalah sosial tertentu hal ini mengarah pada reaksi stress akut, sindroma kejiwaan yang berkaitan dengan ketidakmampuan seseorang menghadapi permasalahan yang dihadapi. Sebagian orang ketika mendapatkan stressor berat, seperti dirampok, menyaksikan pembunuhan, menyaksikan hal yang menakutkan maka bisa mengakibatkan kondisi ini. Tidak semua orang akan mengalami kondisi hingga mengakibatkan gejala seperti keringat dingin, tidak bisa bicara, dan jantung berdebar-debar. Bila Anda mengalami kondisi demikian mungkin memang ada reaksi stress akut. Kondisi ini butuh pertolongan dengan terapi psikis dan mungkin obat-obatan dari dokter spesialis kejiwaan.

Syok yang mana yang Anda alami?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai syok. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar