Sukses

Hubungan Bedak Bayi Dan Kanker Ovarium

02 Sep 2017, 11:15 WIB
Pria, 22 tahun.

Memangnya benar kalau bedak bayi dapat menyebabkan kanker ovarium ?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih sudah bertanya mengenai Hubungan Bedak Bayi Dan Kanker Ovarium melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekahwatiran Anda.

Kanker ovarium adalah kanker yang tumbuh dan berkembang pada ovarium atau indung telur, dua organ yang berada di sisi kanan dan kiri rahim. Kanker ini bisa terjadi pada wanita berusia menengah maupun wanita yang telah lanjut.

Ada tiga tipe utama kanker ovarium, yaitu:

Kanker sel epitel. Sel epitel meliputi lapisan luar ovarium. Delapan puluh lima persen kasus kanker ovarium merupakan jenis ini.
Kanker sel germinal. Sel germinal merupakan sel pada ovarium yang dapat berkembang menjadi telur. Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita muda . Jenis kanker ovarium yang satu ini memiliki angka kesembuhan yang cukup tinggi.
Kanker sel stroma. Kanker sel stroma terjadi pada jaringan ikat yang menyusun bagian dalam ovarium. Jenis kanker ini juga memiliki angka kesembuhan tinggi.

Gejala kanker ovarium (kanker indung telur) pada awalnya seringkali tidak terlalu jelas. Sebanyak 60% wanita yang didiagnosis menderita kanker ovarium sudah memasuki tahap lanjut dari penyakit ini. Pada umumnya jarang ditemukan gejala dini pada kanker ini –kalaupun ada biasanya samar-samar. Gejala tersebut termasuk diantaranya adalah pembengkakan pada perut, selalu merasa kembung, nyeri pada panggul, mudah lelah, penurunan berat badan, konstipasi (sembelit), dan perdarahan menstruasi yang tidak teratur. Ada beberapa tanda lain yang juga patut Anda curigai. Misalnya sakit punggung tanpa alasan yang jelas, anorexia, dan terjadinya pendarahan pada organ intim (vagina) saat sedang tidak menstruasi.

Secara umum, kanker ovarium terjadi karena adanya mutasi genetik yang mengaktifkan sel kanker. Faktor risiko kanker ovarium adalah

Faktor risiko individual. Wanita berusia 40 tahun baru yang hanya memiliki anak 1 atau tidak memiliki anak, riwayat kanker payudara atau kanker endometrium dapat meningkatkan risiko kanker ovarium.
Riwayat keluarga. Wanita dengan riwayat keluarga yang menderita kanker payudara, indung telur, endometrium, atau usus besar juga memiliki peningkatan risiko untuk kanker ovarium.
Faktor lingkungan. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa asupan makanan yang mengandung lemak hewani seperti daging merah dan ayam dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko mendapat kanker ovarium.

Diawali oleh sebuah penelitian pada tahun 1971 oleh seorang ilmuwan Inggris, yang mendapati adanya hubungan antara kejadian kanker ovarium dengan penggunaan bedak bayi pada area kewanitaan. Bedak bayi terbuat dari talk atau bedak halus, yang komposisinya antara lain terdiri dari mineral magnesium dan silika. Bedak bayi yang diproduksi sebelum tahun 1973 memang ditemukan mengandung asbes, yakni mineral yang dapat menyebabkan kanker. Setelah tahun 1973, telah dikeluarkan peraturan bahwa produsen bedak bayi harus mengeluarkan kandungan asbes dari produknya dan menjamin bahwa bedak bayi tersebut bebas dari asbes.

Beberapa penelitian dalam skala besar pun dilakukan untuk mencari kebenarannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa bedak bayi dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Meskipun begitu, ada pula penelitian yang mendapati bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan bedak bayi dengan kanker ovarium. Lebih Baik Berhati-hati.

Hingga saat ini penelitian yang ada belum mendapati hasil yang pasti. Oleh sebab itu, belum dapat dipastikan apakah bedak bayi dapat menyebabkan kanker ovarium atau tidak.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Hubungan Bedak Bayi Dan Kanker Ovarium, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar