Sukses

Tremor Kambuh Bila Tidak Minum Obat

02 Sep 2017, 10:59 WIB
Wanita, 46 tahun.

Sebelumnya sudah sering konsultasi ke dokter saraf, setelah mengikuti anjuran dokter alhamdulillah mulai berkurang getaran tangan ibu saya. nah di saat obatnya habis, getarannya mulai lagi... di saat komsumsi obat alhamdulillah getaran tangan agak reda. Di saat putus obat getarannya mulai memuncak. Mungkin gambarannya seperti itu dok...!! Mohon arahan nya.. mungkin ada solusi/tips dari Dokter? 🙏🏼

Terima kasih telah bertanya mengenai tremor ringan melalui fitur Tanya Dokter

Tangan gemetar disebut dengan tremor. Perlu diketahui terlebih dulu sejak kapan Anda mengalami tremor ringan pada kedua tangan tersebut. Tremor pada tangan yang terjadi sesekali masih dapat dianggap normal. Kondisi ini disebut dengan tremor fisiologis, yang muncul saat gugup, lelah, menahan sesuatu. Bila tremor justru timbulnya sering dan tiba-tiba, atau saat diam, disertai masalah pada bagian tubuh lainnya kemungkinan ada penyakit yang mendasarinya.

Kondisi yang dapat menyebabkan tremor antara lain:

  • Essential tremor, yaitu tremor yang dimulai dari tangan kemudian menyebar ke lengan, kepala, suara, maupun bagian tubuh lainnya. Ciri khas tremor ini adalah tremor terjadi ketika tangan sudah bergerak. Kelainan merupakan penyakit yang diturunkan dari orang tua
  • Penyakit Parkinson dan Sklerosis Multipel
  • Sindrom putus zat dari alkohol. Pada orang yang kecanduan alkohol, ketika berhenti mengkonsumsinya secara tiba-tiba, akan muncul tremor pada tangan. Kondisi ini dapat berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun pada pecandu berat.
  • Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tremor. Sumber vitamin B12 adalah daging merah, ikan, ayam, telur, dan produk susu (dairy).
  • Stress. Stress, depresi, dan kecemasan umum terjadi pada remaja dan ini dapat membuat tremor semakin memburuk. Kemarahan yang berlebihan, kelaparan, maupuan kurang tidur juga dapat membuat tremor. Kesemua ini disebut dengan tremor fisiologis (normal).
  • Gula darah rendah/hipoglikemia. Secara normal, kondisi hipoglikemia akan membuat tubuh Anda berespon dalam bentuk tremor.
    Kelenjar tiroid yang bekerja berlebihan. Kelenjar yang terletak pada leher Anda ini (di depan jakun Anda) dapat membuat tremor bila memproduksi hormon tiroksin secara berlebihan. Selain tremor, umumnya Anda akan sulit tidur dan jantung berdegup cepat sekalipun sedang istirahat.
  • Kerusakan saraf akibat cedera/trauma maupun penyakit juga dapat menyebabkan tremor.

Mohon maaf sebelumnya, sulit untuk menganalisa kasus Anda karena ada banyak diagnosis berkaitan dengan kasus ibu Anda seperti yang kami jelaskan di atas. Pada umumnya, tremor yang menetap berkaitan dengan kelainan saraf sehingga pengobatan memang dilakukan secara terus menerus. Rencanakan pengobatan yang baik dengan dokter spesialis saraf ibu Anda supaya memperkecil kemungkinan putus obat.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan mengenai tremor. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar