Sukses

Haid Memanjang Pasca Kuret

02 Sep 2017, 10:47 WIB
Wanita, 27 tahun.

Haid pertama setelah kuret Sore dok, 15 juli kemarin saya kuret (pada usia kehamilan 9week karena BO) 5 hari pasca kuret atau tepatnya tgl 20 juli saya ada jadwal kontrol dan pas dicek (usg transvagina) kata dokter sudah bersih dan dokter saya bilang setelah darah berhenti nanti sudah boleh langsung promil, 2 minggu kemudian atau tepatnya tgl 3 agustus saya kontrol lagi dan di usg lagi kata dokter sudah ada sel telur yang bisa dibuahi. Pasca kuret darah berhenti tgl 29 juli. Nah, tgl 13 agustus saya haid, hari pertama sampai ke tiga darah nya biasa aja tapi hari berikutnya sampe tgl 22 agustus darah banyak banget (sehari bisa 5 - 6 kali ganti pembalut), setelah itu 23 agustus - 25 agustus darah biasa lagi, tgl 26 agustus sudah berhenti. Ternyata selang sehari darah keluar lagi tepatnya tgl 28 agustus terus tgl 29 agustus nya berhenti lagi, nah tgl 30 sampai hari ini tgl 31 agustus masih keluar darah (darah nya biasa aja normal gak banyak). Dokter, yang saya mau tanya kenapa haid saya lama sekali ya?? sampai 16 hari padahal sebelum hamil paling lama hanya 9 hari itupun jarang keseringan 7 hari apa pengaruh hormon?? dan waktu dokter saya bilang saya bisa promil lagi pasca darah kuret berhenti saya ikuti dokter saya, apakah itu berpengaruh?? Mohon info nya ya Dokter Terima kasih..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai haid memanjang pasca kuret.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika dihitung-hitung hampir 2 bulan durasi kuret Anda dengan perdarahan yang alami saat ini. Beberapa keadaan dapat menjadi alasan terjadinya perdarahan kembali pasca 2 bulan kuret.

1. Perdarahan yang terjadi adalah menstruasi. Adakah gejala khas nyeri perut saat menstruasi muncul? Apakah warna darah merah kehitaman? Terkadang menstruasi dapat memanjang/ mengandung banyak darah akibat berbagai faktor. Apakah sebelumnya tidak pernah ada dismenore? 

2. Masih ada jaringan yang tidak tuntas dibersihkan saat kuret. Memastikan kuret yang dilakukan bersih dan komplit memang merupakan sebuah tantangan dan bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Namun bila sempat membaik dan berkurang hingga hilang darahnya dalam 2 bulan terakhir, kemungkinan ini cukup kecil.

 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Menoragia merupakan suatu kelainan menstruasi dimana perdarahan menstruasi lebih dari 80ml/hari pada siklus yang normal.

Timbulnya perdarahan yang berlebihan saat terjadinya menstruasi (menorragia) dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya:

a) Adanya Kelainan Organik:

  • infeksi saluran reproduksi
  • kelainan koagulasi, misal : akibat Von Willebrand Disease, kekurangan protrombinidiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll
  • Disfungsi organ yang menyebabkan terjadinya menoragia seperti gagal hepar atau gagal ginjal. Penyakit hati kronik dapat menyebabkan gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.

b) Kelainan Hormon Endokrin

Misal akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan, dll

c) Kelainan Anatomi Rahim

Seperti adanya mioma uteripolip endometrium, hiperplasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.

d) Latrogenik

Misal akibat pemakaian IUD, hormon steroid, obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-inflamasidan obat-obatanantikoagulan.

 

Pengobatan menorrhagia sangat tergantung kepada penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan darah, tes pap smear, biopsi dinding rahim, pemeriksaan USG, dan lain sebagainya. Jika menoragia diikuti oleh adanya anemia, maka zat besi perlu diberikan untuk menormalkan jumlah hemoglobin darah.

Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kondisi yang Anda alami saat ini.

 

Kunjungi juga Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai haid memanjang pasca kuret. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar