Sukses

Gatal Pada Telinga

02 Sep 2017, 08:38 WIB
Pria, 40 tahun.

selamat siang dokter, saya sering mengalami telinga gatal, bahkan tengah malam saat tidur, sehingga sering bangun tiba tiba, saya suka menggunakan korek kuping yang dari besi, setelah di garuk garuk maka gatal akan hilang, saya ada membaca artikel , semakin di korek, maka semakin sering muncul gejala gatal di telinga, saya berusaha untuk tidak mengaruk telinga dengan menaruh minyak angin di sekeliling lobang telinga, sehingga terasa mint di lubang telinga apakah cara saya berbahaya atau ada cara lain? terimakasih atas saran dan pendapatnya

Terima kasih telah bertanya tentang Gatal Pada Telinga menggunakan Fitur Tanya dokter.

Rasa gatal pada telinga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi (ekzema, dermatitis seborrhoic, atau psoriasis), infeksi jamur ataupun bakteri, adanya gigitan binatang atau ada gigitan kutu, lalu oleh karena adanya serumen (kotoran telinga) ataupun kurangnya cairan telingga sehingga kering.

Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar telinga selalu kering (bersihkan pelan-pelan telinga setelah mandi atau berenang), hindari menggaruk dengan jari, dan lindungilah kulit dari iritasi. Bila memang sangat gatal, Anda dapat konsumsi obat antialergi seperti golongan anti-histamine. Bila keadaan ini berlanjut bisa saja penyakit Anda disebabkan oleh adanya infeksi jadi memang sebaiknya Anda konsultasi ke dokter THT bila keadaan ini berlanjut.

Demikian informasi tentang Gatal Pada Telinga yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar