Sukses

Jempol Kaki Nyut-Nyutan

01 Sep 2017, 19:18 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok,saya mau tanya. Jempol kaki saya suka senut senut tiba tiba,kira2 itu kenapa ya ?? Makasih dok

Terima kasih telah bertanya mengenai jempol kaki nyut-nyutan melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama keluhan tersebut Anda rasakan? Beberapa penyebab nyeri pada jempol adalah infeksi (adakah bisul, pembengkakan, kemerahan?), inflamasi (salah satunya peradangan akibat kadar asam urat tinggi), pasca trauma (ada riwayat terbentur?), dll. Paling baik dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung. Adanya kemerahan, pembengkakan menunjukkan adanya proses radang.

Namun salah satu penyebab radang terseringnya adalah akibat kadar asam urat yang cukup tinggi. Apakah Anda pernah memeriksa kadar asam urat Anda? Apakah pola makan Anda sering mengonsumsi makanan bersantan, berlemak, jeroan, emping, dan makanan tinggi asam urat lain? Apakah nyeri tersebut kadang memberat pasca Anda memakan banyak makanan bersantan, berminyak, karena bila Ya, maka makin besar kemungkinannya adalah akibat asam urat. Cidera otot karena olahraga atau aktivitas juga menyebab hal demikian.

Bila tidak ada tanda radang, bisa jadi hanya ada kedutan yang berasal dari saraf atau otot. Beberapa kondisi seperti emosional, gangguan ion tubuh, misalnya pada pasien dehidrasi, bisa mengakibatkan kondisi demikian. 

Istirahatkan kaki Anda, dan banyaklah mengkonsumsi air dan buah-buahan untuk memperbaiki cairan dan ion tubuh. Bila ditemukan tanda peradangan sebaiknya periksakan diri ke dokter

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai jempol kaki nyut-nyutan Semoga bermanfaat

 

1 Komentar