Sukses

Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil

01 Sep 2017, 19:18 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok saya mau tanya bagaimana cara mengatasi kolestrol tinggi pada ibu hamil kalau ternyata ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat?

Terima kasih sudah bertanya mengenai kolesterol tinggi pada ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter

Selama kehamilan, normalnya memang wanita bisa mengalami perubahan status lipid dalam tubuh. Beberapa penelitian, perubahan mencakup peningkatan kadar kolesterol total, peningkatan kadar trigliserid, penurunan kadar HDL.  Peningkatan yang paling mencolok ditunjukkan oleh trigliserid, yang bisa meningkat hingga 2-3 kali lipat di trimester ketiga. Akan tetapi trigliserid sendiri tidak berkaitan dengan kerusakan pembuluh darah. 

Akan tetapi pada ibu hamil dengan hiperkolesterol sejak sebelum hamil, beberapa hal perlu diperhatikan. Kadar LDL yang tinggi, rendah nya HDL, sangat berkaitan dengan kerusakan pembuluh darah, termasuk plasenta. Berdasarkan hal tersebut potensi terjadinya hipertensi, preeklamsi, dan kelainan pada janin hingga kelahiran prematur bisa terjadi.

Beberapa obat bisa digunakan sebagai penurun lipid dalam tubuh. Golongan niasin, menunjukkan keamanan. Akan tetapi studi yang dilakukan hanya bersifat observasi, sehingga tetap tidak direkomendasikan. Begitupun obat obat lainnya seperti fibrat ataupun simvastatin. Usaha yang bisa dilakukan adalah meningkatkan konsumsi omega - 3 dan kontrol makanan yang ketat bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda,

Berdasarkan penjelasan di atas, maka sebaiknya Anda mendiskusikan terlebih dahulu permasalahan kolesterol Anda dengan dokter spesialis kebidanan dan kandung,

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai kolesterol tinggi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar