Sukses

Sisi Lidah Seperti Bergelombang Dan Bersisik

01 Sep 2017, 15:47 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tanya di sisi lidah itu memang bergelombang dan bersisik ya?

Terimakasih telah bertanya tentang sisi lidah seperti bergelombang dan bersisik melalui fitur Tanya Dokter.

Tepi lidah yang bergelombang atau seperti berbentuk cetakan gigi disebut scalloped tongue. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya gigi geligi yang hilang misalnya gigi-gigi belakang yang sudah dicabut, sehingga lama kelamaan lidah membesar dan mengisi celah pada gigi yang hilang dan menekan gigi yang masih ada. Beberapa ahli menyebutkan scalloped tongue juga dapat dipicu oleh adanya gangguan pada sendi rahang atau kesulitan bernafas, sehingga tubuh melakukan penyesuaian dengan menggerakkan rahang ke arah depan sehingga lidah menjadi membesar.

Selain itu, meski kondisi ini sendiri bukanlah suatu penyakit, namun dapat menjadi petunjuk adanya masalah lain pada tubuh yang menyebabkan lidah membesar sehingga menekan gigi dan terjadi scalloped tongue. Masalah sistemik tersebut diantaranya gangguan pada limpa, kekurangan vitamin B Kompleks, gangguan pencernaan, hingga gangguan tidur seperti sleep apnea/mendengkur.

Apakah belakangan ini Anda merasakan keluhan yang mungkin berhubungan dengan masalah medis yang telah disebutkan di atas? Jika iya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi, karena tidak ada perawatan khusus untuk menyembuhkan scalloped tongue kecuali dengan menghilangkan faktor pemicunya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai sisi lidah seperti bergelombang dan bersisik, semoga dapat membantu Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar