Sukses

Nyeri Pinggang Selama Kehamilan

01 Sep 2017, 13:51 WIB
Pria, 25 tahun.

selamat siang dok, saya sedang hamil dg usia kehamilan 16 minggu dan mengalami sakit pinggang sejak usia kehamilan 2 bulanan, sakit pinggang akan semakin parah (sampai susah jalan apabila beranjak dari posisi duudk ato berbaring ke posisi berdiri, sakitnya sampai terasa ke pangkal paha bawa bokong) apabila saya beraktifitas (kerjaan IRT). ditambah lagi klo bnagun tidur telapak kaki terasa sakit saat menginjak dan jari2 tangan saya seperti bengkak dan sulit untuk menggengggam. apakah keluhan yg saya alami masih wajar dan apa solusinya. terima kasih dokter.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pinggang melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti keluhan yang Anda rasakan. Nyeri pinggang selama kehamilan merupakan hal yang normal. 47 – 60 % melaporkan bahwa nyeri punggung terjadi pada kehamilan 5 – 7 bulan. Selain itu dilaporkan juga bahwa nyeri punggung ini bertambah parah di sore hari.

Nyeri punggung pada wanita hamil berkaitan dengan peningkatan berat badan akibat pembesaran rahim dan peregangan dari otot penunjang karena hormon relaksan (hormon yang membuat otot relaksasi melemas) yang dihasilkan.


Anda dapat melakukan modifikasi gaya hidup sebagai berikut:

  • Pakailah sepatu berhak rendah (tapi tidak datar)
  • Hindari mengangkat benda berat
  • Lakukan posisi berjongkok ketika mengambil barang yang terjatuh dibandingkan dengan posisi membungkuk
  • Jangan berdiri terlalu lama, bila harus berdiri dalam waktu lama maka letakkan salah satu kaki di atas kotak kecil di bawah
  • Duduk di kursi yang memiliki penahan punggung yang baik, atau tempatkan bantal kecil dibelakang pinggang dan letakkan kaki diatas kotak kecil di bawah
  • Tidur pada sisi kiri atau kanan dengan menggunakan guling diantara kedua tungkai untuk penahan
  • Berikan sebotol air panas dan usapkan atau mandi dengan air panas atau dipijat
  • Lakukan olahraga untuk memperkuat otot pinggang
  • Berdiri dalam posisi yang benar. Berdiri tegak akan meredakan peregangan punggung
  • Hubungi tenaga kesehatan apabila mengalami nyeri punggung bagian bawah yang menjalar ke perut dan tidak membaik dengan perubahan posisi atau istirahat selama 1 jam. Hal ini mungkin merupakan tanda-tanda bersalin dini.

Apabila nyeri yang anda alami tidak tertahankan, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesilais kandungan untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda saat ini.
Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri pinggang, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar