Sukses

Menstruasi Hanya Sehari

01 Sep 2017, 11:57 WIB
Wanita, 21 tahun.

tgl 25 agsts kmrin sya kluar haid wrnnya cklt khtam2n n hnya brlngsng 1hri sja kra2 knp iya ? pdhl bln2 sblmnya haid sya sllu tratur hnya slang 1-2hri prbdaann tgl dri bln sblmnya mhn pnjlsnnya trma ksh ..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai menstruasi hanya sehari.

Sebelum kami menjelaskan lebih lanjut, diperlukan penjelasan mengenai keluhan Anda lebih detail. Berapa banyak jumlah darah haid yang Anda sebutkan dalam 1 hari itu? Apakah hanya berupa flek? Apakah keluhan Anda tersebut disertai keluhan lain seperti nyeri perut bagian bawah? Bagaimana riwayat reproduksi Anda sebelumnya? 

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Darah haid yang berwarna kecoklatan dan kehitaman merupakan darah haid yang mengandung sel darah yang lebih lama (bukan sel darah merah segar) karena tertahan di dalam rahim dan tidak segera dikeluarkan. Selama jumlahnya normal, lama haid/perdarahan normal dan tidak disertai keluhan-keluhan lain maka tidak ada yang perlu anda khawatirkan. 

Dengan keterbatasan informasi yang Anda berikan mengenai keluhan Anda, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Darah seperti haid yang keluar sedikit di luar siklus haid bisa saja menunjukan tanda kehamilan yang tidak pasti.

Selain berasal dari darah menstruasi, bercak yang keluar juga dapat merupakan gangguan siklus haid akibat gangguan keseimbangan hormon, atau dapat juga berasal dari perdarahan akibat infeksi di saluran reproduksi. Flek darah yang terjadi akibat gangguan hormon biasanya disertai pula oleh perubahan dalam pola mesntruasi. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada :

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pada pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pada penderita obesitas
  • Orang dengan stres psikologis
  • Orang dengan aktivitas berlebih seperti atlit
  • Gangguan indung telur
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
    dan lainnya

Apakah Anda memiliki faktor di atas? Jika siklus haid anda tidak terganggu, bisa jadi flek-flek darah tersebut terjadi akibat adanya infeksi di saluran reproduksi anda. Disamping menyebabkan flek-flek darah, infeksi pada saluran reproduksi biasanya ditandai dengan adanya keputihan yang abnormal, yaitu keputihan yang berubah warna dari warna bening menjadi warna putih susu, keabuan, hingga kehijauan, dapat disertai bercak-bercak darah, berbau, banyak dan disertai oleh rasa gatal atau terbakar di daerah kemaluan.

Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk memastikan kondisi Anda saat ini dan mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai menstruasi hanya sehari. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • eli agustina

    jumlah darah haid yg kluar dlm 1 hri trsebt hnya sdkt sprti flek n tdk d srtai adanya nyri apapun .. hnya sja pd tgl 28 agstsnya sja cba tes mnggnkan tespk n hslnya pstif akn ttpi sya tdk mrsakn apa2 atwpn tdk mrskan adanya prbhan pda dri sya dok