Sukses

Pertanyaan Seputar Kebotakan pada Rambut

01 Sep 2017, 11:46 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok rambut saya semakin lama semakin menipis padahal masih muda. Rambut saya sudah berbentuk M yaitu kebotakan pada masing2 jidat di kiri dan kanan. Pertanyaan saya adakah obat untuk mengobati kebotakan rambut saya ini. Atau saya menerima nasib jadi botak selamanya?

Terima kasih telah bertanya mengenai kebotakan pada rambut menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal. Bila jumlah rambut yang rontok lebih dari itu, maka akan berpotensi menyebabkan kebotakan.

Penyebab kebotakan antara lain faktor keturunan. Penelitian membuktikan bahwa 95% kebotakan merupakan faktor keturunan. Selain itu dapat pula disebabkan stress, usia, penyakit seperti diabetes atau lupus, gangguan kulit kepala, ketidak seimbangan hormonal seperti saat hamil dan menyusui, terkena bahan kimia, nutrisi yang kurang, pola makan yang salah, dan kelainan mental seperti trikotilomania yaitu orang yang suka mencabuti rambut sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk mencegah kebotakan, namun tidak bisa menolong jika penyebab utama seperti penyakit atau stress tidak dihilangkan terlebih dahulu:

1. Kurangi atau hentikan merokok. Penelitian menunjukkan merokok dapat meningkatkan kerontokan rambut.
2. Makan menu makanan yang sehat dan seimbang serta tidur yang cukup.
3. Pijat-pijat kulit kepala setiap keramas. Hal ini dapat mengaktifkan kelenjar minyak dan memperlancar perdaran darah di kulit kepala sehingga rambut menjadi sehat.
4. Singkirkan stress dari gaya hidup anda.
5. Perlakukan rambut anda dengan baik, hindari cara menyisir atau merawat rambut yang salah dan berlebihan.

Jika kerontokan dan kebotakan rambut terjadi, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kebotakan pada rambut, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar