Sukses

Kista Pada Kehamilan, Berbahayakah?

31 Aug 2017, 19:30 WIB
Wanita, 26 tahun.

Kehamilan saya di wk6 .usg pertama ada kista 6cm.. Janin belum terlihat sudah terbentuk kantong atau belum. Apakah itu berbahaya?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai bahaya kista pada kehamilan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kista dapat terbentuk dari beberapa macam penyebab, antara lain ketidakseimbangan hormonal, keganasan, merokok, pertama kali mendapat haid pada usia sangat muda, pajanan zat kimia tertentu, stres, kurang aktivitas, nutrisi kurang, berhubungan dengan kesuburan, dan sebagainya. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Bebeberapa perlu dijelaskan mengenai keluhan Anda saat ini. Apakah Anda rutin memeriksakan kehamilan? Di manakah lokasi kista berada? Apakah ukuran kista menetap atau bertambah besar dibandingkan dengan saat pertama kali ditemukan? Apakah Anda mengalami keluhan dalam kehamilan Anda?

Untuk mengetahui apakah kista yang terdapat pada rahim Anda berbahaya atau tidak, diperlukan observasi berkala untuk melihat ada tidaknya pembesaran ukuran kista serta ada atau tidaknya resiko bahaya serta efek yang timbul, baik pada ibu hamil ataupun pada janin yang dikandungnya

Untuk saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan calon bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang. Tentu Anda harus kontrol secara teratur dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Seperti yang kami katakan sebelumnya, terapi yang sesuai sangat bergantung pada jenis, ukuran, dan gejala klinis yang ditimbulkan.

Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan Dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan dan masalah pada organ reproduksi yang lebih lengkap. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai bahaya kista pada kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar