Sukses

Cara Mencegah Penularan TBC

31 Aug 2017, 19:12 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamt siang perkenalkan . Sy mila . Dan sy baru melahirkan pada awal agust tahun ini . Anak sy baru berusia 2minggu . Disini saya ingin mengenali gejala dan pencegahan virus tbc .karena di dalam salah satu keluarga sy menderita pnyakit tbc aktif dan dsni sy serumah . Mohon informasinya dok .. trimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai cara mencegah penularan TBC.

Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyebar luas dan menyerang seluruh organ tubuh, seperti paru-paru (paling sering), otak, tulang, rahim, indung telur, testis, kulit. Penyakit ini dapat menular melalui droplet (cipratan ludah saat batuk/bersin) yang mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis paru ke udara terutama saat batuk dan bersin dan jika terhirup oleh orang di sekitarnya maka mampu menyebarkan kuman penyakit kepada orang tersebut. Kuman dalam droplet dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30o), dan menginfeksi setiap orang yang menghirupnya dalam saluran pernapasan. 

Tindakan pencegahannya antara lain dengan penggunaan masker (terutama untuk penderita), dan memenuhi asupan nutrisi termasuk multivitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beri pengertian kepada penderita agar senantiasa menutup mulut setiap batuk atau bersin, dan agar ia tidak tersinggung dengan tindakan Anda. Penggunaan alat makan bersama atau berjabat tangan dengan penderita TBC tidak serta-merta menularkan kuman TBC ini, kecuali telah terkontaminasi droplet dari penderita TBC sebelumnya. Maka alangkah baiknya Anda mencuci tangan setelah berjabat tangan dengan penderita TBC.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai cara mencegah penularan TBC. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar